Jumat 03 Mar 2023 06:13 WIB

Restoran All You Can Eat Halal di Indonesia, Cocok untuk Rekomendasi Akhir Pekan

Label 'No Pork No Lard' belum menjamin sebuah restoran telah halal.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Rekomendasi restoran all you can eat bersertifikasi halal. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Rekomendasi restoran all you can eat bersertifikasi halal. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan di restoran all you can eat (AYCE) bersama keluarga bisa menjadi rencana untuk akhir pekan. Beberapa restoran AYCE Indonesia telah mengantongi sertifikat halal sehingga aman dikonsumsi oleh keluarga Muslim.

Label "No Pork No Lard" belum menjamin sebuah restoran AYCE telah halal, sebab unsur halal dan haram sebuah makanan bukan hanya dilihat dari dua bahan itu saja. Misalnya, ada restoran AYCE yang menggunakan mirin dan sake, di mana itu masuk dalam kategori haram.

Baca Juga

Agar hati lebih tenang, berikut ini ada enam di antara restoran AYCE halal yang ada di Indonesia:

1. Hanamasa

 

Hanamasa telah mengantongi sertifikat halal pada September 2022, dan hal ini diumumkan pada akun Instagram resmi Hanamasa. Restoran yang sudah berdiri sejak 1987 ini selalu mengutamakan kualitas dagingnya, karena sang pendiri Yasiro Ono merupakan mantan pedagang daging.

Bagi yang ingin makan di luar pada akhir pekan bersama keluarga, Hanamasa sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Untuk satu orang dewasa cukup membayar Rp 209 ribu dan anak-anak Rp 137 ribu, ini sudah bisa menikmati semua hidangan.

2. Shaburi

Mengantongi sertifikat halal sejak Mei 2019, Shaburi merupakan restoran yang cocok bagi yang menyukai AYCE berkuah. Shaburi menyediakan menu shabu-shabu, makanan Jepang berupa irisan daging sapi yang dicelupkan ke dalam kuah kaldu.

Restoran ini menyediakan menu AYCE dengan Rp 99 ribu, bagi satu orang yang mampu menghabiskan makanan yang telah diambil dalam waktu 60 menit, lalu Rp 129 ribu dalam waktu 90 menit.

3. Kintan buffet

Sama dengan Shaburi, Kintan Buffet mengantongi sertifikat halal berbarengan dengan Shaburi karena gerai mereka dulunya sebuah kesatuan. Kini, seringkali Kintan Buffet dibangun sendiri dengan menyediakan menu AYCE. Harganya mulai dari Rp 199 ribu per orang.

4. OMG!

Kantong sedang pas-pasan tetapi ingin makan sepuasnya di restoran AYCE? Maka OMG! adalah jawabannya. Hanya dengan Rp 120 ribu per orang, sudah bisa menikmati semua jenis hidangan yang disediakan restoran sampai kenyang, mulai dari daging hingga dessert.

Meskipun terbilang masih baru, restoran ini cukup digandrungi anak muda dan mereka juga aktif menyebutkan bahwa OMG! telah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mereka juga kerap membahas menu-menu terbaru mereka, yang juga telah masuk dalam ketegori menu halal.

5. Genki Sushi

Restoran AYCE tidak melulu menu makanan daging, ada juga makan sushi sepuasnya seperti di Genki Sushi. Restoran sushi yang didirikan sejak 1990 ini telah mendapat sertifikasi halal sejak Oktober 2022, bahkan menjadi restoran sushi halal pertama di dunia.

Tetapi untuk bisa menikmati menu AYCE Genki Sushi, harus rajin mantengin Instagram resminya. Karena menu AYCE hanya diberikan pada waktu-waktu tertentu dengan harga Rp 128 ribu saja per orang. 

Selain lima nama di atas, ada juga beberapa restoran lain yang juga sudah memiliki sertifikasi halal, di antaranya Hachi GrillMansae Hore, dan HolyGyu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement