Kamis 26 Oct 2023 13:15 WIB

Mengenal Penyakit Lupus yang Diidap Shena Malsiana Kontestan X Factor yang Meninggal Dunia

Kontestan X Factor Indonesia Shena Malsiana meninggal dunia pada usia 32 tahun.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kontestan X Factor Indonesia, Shena Malsiana. Shena dikabarkan meninggal dunia akibat penyakit lupus yang dideritanya.
Foto: Dok. Instagram/@shenamalsiana
Kontestan X Factor Indonesia, Shena Malsiana. Shena dikabarkan meninggal dunia akibat penyakit lupus yang dideritanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu kontestan X Factor Indonesia musim pertama, Shena Malsiana, meninggal dunia pada Kamis (26/10/2023). Almarhumah dikabarkan meninggal akibat mengidap penyakit lupus. Apa itu penyakit lupus?

Dilansir laman Mayo Clinic, Kamis (26/10/2023), lupus adalah penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri (penyakit autoimun). Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat memengaruhi banyak sistem tubuh yang berbeda, termasuk persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung dan paru-paru.

Baca Juga

"Lupus sulit didiagnosis karena tanda dan gejalanya sering kali mirip dengan penyakit lain," ujar Mayo Clinic.

Tanda paling khas dari lupus yakni ruam pada wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu yang terbentang di kedua pipi, terjadi pada banyak kasus, namun tidak semua kasus lupus. Beberapa orang dilahirkan dengan kecenderungan mengidap lupus, yang mungkin dipicu oleh infeksi, obat-obatan tertentu, atau bahkan sinar matahari. Meskipun tidak ada obat untuk lupus, pengobatan dapat membantu mengendalikan gejalanya.

 

Tidak ada dua kasus lupus yang persis sama. Tanda dan gejala dapat muncul tiba-tiba atau berkembang perlahan, ringan atau berat, dan mungkin bersifat sementara atau permanen.

Kebanyakan penderita lupus memiliki penyakit ringan yang ditandai dengan episode (yang disebut flare) ketika tanda dan gejala memburuk untuk sementara waktu, kemudian membaik atau bahkan hilang sama sekali untuk sementara waktu. Tanda dan gejala lupus yang Anda alami akan bergantung pada sistem tubuh mana yang terkena penyakit tersebut.

Tanda dan gejala yang paling umum meliputi kelelahan, demam, nyeri sendi, kaku dan bengkak. Selain itu, gejala lainnya adalah ruam berbentuk kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipi dan pangkal hidung, atau ruam di bagian tubuh lainnya.

Gejala lain lupus juga ditunjukkan dengan lesi kulit yang muncul atau memburuk akibat paparan sinar matahari, ada juga jari tangan dan kaki menjadi putih atau biru saat terkena suhu dingin atau saat stres. Lupus juga bisa ditandai dengan sesak napas, nyeri dada, mata kering dan sakit kepala, kebingungan dan kehilangan ingatan. Ada salah satu tanda khas lupus adalah ruam merah berbentuk kupu-kupu di pipi dan hidung, sering kali terjadi setelah paparan sinar matahari.

Kapan harus ke dokter? Temui dokter jika Anda mengalami ruam yang tidak diketahui penyebabnya, demam terus-menerus, rasa sakit yang terus-menerus, atau kelelahan.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement