Ahad 15 Oct 2023 18:49 WIB

Momen Reuni Soul ID di Hari Pertama Flavs Festival 2023

Meski sepak terang Soul ID sempat terjeda, itu tidak mengurangi kualitas mereka.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Grup musik Soul ID tampil di hari pertama Flavs Festival 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (14/10/2023) petang.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Grup musik Soul ID tampil di hari pertama Flavs Festival 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (14/10/2023) petang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari pertama festival musik Flavs 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, menjadi momen reuni bagi Soul ID. Setelah tiga tahun vakum, grup musik hip hop/RnB yang dibentuk sejak 2003 itu tampil bersama di satu panggung.

Soul ID tampil di panggung Boombox Stage, Sabtu (14/10/2023) petang. Tiga personelnya, yakni EndrumarcH, Tabib Qiu, dan Jaydee kompak mengenakan busana panggung berwarna hijau menyala. "Selamat malam, Flavs. Apa kabar semua?" ujar Soul ID menyapa penonton.

Baca Juga

Meski sepak terjang Soul ID selama dua dekade sempat terjeda karena sejumlah hal, itu tidak melunturkan kualitas musikalitas mereka. Vokal merdu Jaydee serta rap EndrumarcH dan Tabib Qiu tetap terdengar nyaman di telinga, beriring musik khas mereka yang mengajak bergoyang.

Lagu-lagu hit Soul ID pun mengalun di panggung, seperti "Branuday", "Telfon Aku", "A Ye O (Tamasya)", "Boogey Time", dan "Ingin Dicinta". Di tengah penampilan, Soul ID memberi kejutan dengan hadirnya "personel keempat", yang tak lain adalah mantan anggota Soul ID, Afrogil.

 

Mereka berempat bernyanyi bersama di lagu "Idola", sebuah tembang satire rilisan 2005 yang mengkritik menjamurnya fenomena ajang pencarian bakat yang mencetak idola instan. Mereka juga melantunkan lagu "Ini Rindu" milik almarhum musisi legendaris Farid Hardja.

Sepanjang penampilan, Soul ID terlihat sangat bersenang-senang. Selain bernyanyi dengan baik, mereka pun bergerak luwes seiring irama dan tampak sangat menguasai panggung. Semua itu membuat penonton ikut terhanyut menikmati aksi panggung Soul ID.

Beberapa kali, Soul ID juga melontarkan celetukan kocak, seperti "mengeluh" sudah tua dan kehabisan napas. Saat akan melantunkan "Siapa yang Bilang", Soul ID bercerita bahwa lagu itu ditujukan untuk orang-orang yang tak percaya Soul ID bisa nge-rap.

Namun, setelahnya, Soul ID malah menyindir diri mereka sendiri terkait lagu penuh keraguan itu. "Siapa yang bilang gitu? Kita sendiri yang bilang sih, bilang bubar sendiri, terus bilang enggak bubar sendiri," ungkap mereka.

Tak cuma menjual nostalgia, Soul ID yang menyabet penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2014 untuk kategori karya produksi rap/hip hop terbaik juga membawakan lagu teranyar berjudul "Side2Side" yang baru dirilis beberapa bulan lalu. "Lagu ini tentang reuni. Karena momen ini reuni banget sih untuk Soul ID," tutur mereka.

Selain Soul ID, hari pertama Flavs 2023 yang mengusung tema "Unity" dimeriahkan deretan musisi lain. Ada Lil Pump, Yacko, Saykoji, Endah N Rhesa, Kunto Aji, St Loco, Sonjah, Tuan Tigabelas, Mukarakat, dan banyak lagi. Flavs masih berlangsung hingga Ahad (15/10/2023).

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement