Ahad 15 Oct 2023 17:55 WIB

Musisi Keroyokan Meriahkan Panggung 'Tribute to Iwa K' di Flavs 2023

Musisi lintas genre membawakan deretan karya yang dipopulerkan Iwa dengan gaya mereka

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Festival musik Flavs 2023 hari pertama di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (14/10/2023) menampilkan sesi Tribute to Iwa K.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Festival musik Flavs 2023 hari pertama di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (14/10/2023) menampilkan sesi Tribute to Iwa K.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belasan musisi ramai-ramai membawakan karya rapper legendaris Indonesia, Iwa K, di panggung "Tribute to Iwa K". Kolaborasi menarik itu dihadirkan di hari pertama festival musik Flavs 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (14/10/2023) petang.

Aktif bermusik sejak 1989 sampai sekarang, sudah tak terbilang deretan lagu Iwa yang digemari penikmat musik. Gayanya di panggung yang bebas dan lepas, serta kemampuan rap yang mengesankan, semakin mengukuhkan namanya sebagai rapper kenamaan.

Baca Juga

Pada Flavs Festival, musisi lintas genre membawakan deretan karya yang dipopulerkan Iwa dengan gaya masing-masing. Kolaborasi ini melibatkan Black Skin, Dewi Gita, DPMB, Faye Risakotta, Ipang, Jamie Aditya, Jayko, Juanita AKA. Jaydee, Laze, Matter Mos, P-Squad, Paul Latumahina, Saykoji, The Akar, Tuan Tigabelas, dan Yacko. 

Para musisi itu tampil di panggung Rhyme and Grind Stage selepas Maghrib. Meniru gaya Iwa, Black Skin membawakan lagu "Nombok Dong" mengenakan baju basket. Aksi para musisi lain yang melantunkan lagu Iwa pun tak kalah menarik.

 

Salah satu personel Soul ID, Juanita AKA. Jaydee, berkolaborasi dengan Laze membawakan lagu "Manusia Malam". Setelah lagu usai, mereka memberikan salute untuk Iwa. "Shout out to Iwa K," kata Laze berseru ke penonton. "Respect!" tutur Jaydee menimpali.

Rapper Fadil Mcgee yang biasa dikenal dengan nama Matter Mos menyanyikan lagu "DMMT" dengan mengubah sebagian liriknya. Matter Mos menyelipkan tanya mengenai konflik Israel-Gaza serta Rusia-Ukraina di tembang yang mempertanyakan carut-marut dunia itu.

Tuan Tigabelas berduet dengan Jamie Aditya membawakan "Kram Otak", DPMB membawakan "Kapal Goyang", dan Jayko dengan lagu "Lihat ke Jalan". Menampilkan gaya khasnya yang santai, Paul Latumahina menyanyikan lagu "Ku Ingin Kembali".

Sepanjang penampilan deretan musisi itu, sebenarnya Iwa ada di lokasi dan menonton aksi rekan-rekannya. Iwa baru naik panggung di lagu "Jogetan", di mana ia bernyanyi bersama Jamie Aditya dan Ipang Lazuardi.

Sebagai kejutan, ada Dewi Gita yang menyanyikan "Apa Seeh?!" bersama Yacko. Dewi tak lupa menyisipkan cengkok khasnya saat menambang. Lagu "Batman Kasarung" pun dibawakan di atas panggung setelah itu oleh musisi lain.

Namun, lagu hanya dibawakan bagian chorus sebab tak ada musisi selain Iwa yang bisa menyanyikannya. Setelah Saykoji bersama Faye Risakotta membawakan lagu "Malam Indah", seluruh musisi naik panggung bersama Iwa, melantunkan tembang "Bebas".

Iwa lantas berterima kasih kepada semua rekan-rekannya yang menginisiasi penampilan tribute, memeluk mereka satu per satu. Pria 52 tahun itu juga berterima kasih kepada penonton. 

"Kalian semua yang membuat hip hop tetap hidup," ucapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement