Sabtu 14 Oct 2023 23:25 WIB

Musisi K-Pop yang Daftarkan Diri untuk Nominasi Grammy 2024, Termasuk Seluruh Member BTS

Ketujuh member BTS mendaftarkan karya solonya di Grammy 2024.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
grup K-pop BTS. Seluruh member BTS masuk dalam daftar musisi K-pop yang mendaftarkan diri di Grammy Awards 2024. (ilustrasi)
Foto: @amas/Instagram
grup K-pop BTS. Seluruh member BTS masuk dalam daftar musisi K-pop yang mendaftarkan diri di Grammy Awards 2024. (ilustrasi)

REPBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang bergengsi bagi para musisi, Grammy Awards 2024, dijadwalkan berlangsung pada 4 Februari 2024. Pengumuman nominasinya bakal dipublikasikan pada 10 November 2023.

Kini, Grammy sudah membuka submission alias pendaftaran karya. Para musisi dipersilakan mengirimkan musik dan karya mereka ke Recording Academy untuk dipertimbangkan masuk daftar nominasi. Pada thun ini, cukup banyak artis K-pop yang mengirimkan karya dan mengajukan diri untuk sejumlah kategori nominasi Grammy Awards 2024.

Baca Juga

Tidak menutup kemungkinan para musisi itu bisa masuk nominasi, mengingat popularitas global K-pop yang kian meningkat, bahkan merajai tangga lagu di berbagai negara. Berikut daftar artis K-pop yang sudah mengirim submission Grammy 2024, dikutip dari laman Koreaboo, Sabtu (14/10/2023):

1. BTS

 

Ketujuh anggota Bangtan Sonyeondan (BTS) mendaftarkan karya solo mereka di sejumlah kategori berbeda. Sang leader, RM, mendaftarkan album solonya, Indigo, untuk kategori album pop vokal terbaik. Lagu "Wild Flower" diajukan untuk kategori video musik terbaik serta penampilan duo/grup pop terbaik.

Jin mendaftarkan lagu "The Astronaut" untuk kategori penampilan pop solo terbaik dan video musik terbaik. Dengan nama alter Agust D, Suga mendaftarkan D-Day di kategori album rap terbaik, juga lagu "Haegeum" untuk penampilan rap terbaik dan video musik terbaik.

J-hope optimistis mendaftarkan lagu "On the Street" untuk kategori penampilan duo/grup pop terbaik serta video musik terbaik. Album solo Jimin, Face, didaftarkan untuk kategori album pop vokal terbaik. Sementara, ada dua lagu lain yang dia daftarkan.

Tembang "Like Crazy" diajukan untuk kategori rekaman terbaik, lagu terbaik, penampilan solo pop terbaik, video musik terbaik. Lagu tema film Fast X, "Angel Pt.1" yang berkolaborasi dengan Kodak Black, NLE Choppa, Jvke, dan Muni Long diajukan untuk penampilan duo/grup pop terbaik.

Ada beberapa kategori yang dijajal oleh V yakni kategori album vokal pop untuk Layover, serta penampilan pop solo terbaik dan video musik terbaik untuk lagu "Slow Dancing". Si bungsu BTS, Jungkook, mengajukan lagu "Seven" untuk kategori lagu terbaik, rekaman terbaik, video musik terbaik, juga penampilan duo/grup pop terbaik.

2. TXT

Adik dari BTS, TXT alias Tomorrow X Together, mendaftarkan lagu "Back for More" di kategori penampilan duo/grup pop terbaik serta "Sugar Ride Rush" untuk video musik terbaik. Grup yang terdiri dari Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun, dan Hueningkai ini juga mendaftarkan "Our Last Summer" untuk kategori film musik terbaik.

3. Twice

Grup idola yang terdiri dari Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu ini mendaftarkan album Ready to Be untuk kategori album terbaik dan album vokal pop terbaik. Lagu mereka, "Set Me Free" diajukan untuk kategori rekaman terbaik, lagu terbaik, penampilan duo/grup pop terbaik, juga video musik terbaik.

4. Stray Kids

Submission dari Stray Kids termasuk kategori artis pendatang baru terbaik serta 5-Star untuk album terbaik dan album vokal pop terbaik. Grup yang dibentuk oleh JYP Entertainment melalui acara realitas pada 2017 ini juga mendaftarkan "S-Class" untuk rekaman terbaik, lagu terbaik, video musik terbaik, serta penampilan duo/grup pop terbaik.

5. NCT Dream

NCT Dream yang debut pada 25 Agustus 2016 dan beranggotakan Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle, dan Jisung ini hanya mendaftarkan satu karya untuk submission Grammy 2024. Itu adalah lagu "Broken Melodies" untuk penampilan duo/grup pop terbaik.

6. Seventeen, Aespa, Fifty Fifty

Baik Seventeen, aespa, dan Fifty Fifty mendaftar untuk kategori artis pendatang baru terbaik. Sebagai tambahan, Sebagai tambahan, Fifty Fifty mendaftarkan "Cupid (Twin Version)" untuk rekaman terbaik, lagu terbaik, penampilan duo/grup pop terbaik, dan video musik terbaik. "Barbie Dreams" pun diajukan untuk penampilan duo/grup pop terbaik.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement