Selasa 10 Oct 2023 14:14 WIB

Mantan Vokalis Band yang tak Lagi Nyanyikan Lagu Grup Lawasnya Ketika Manggung

Setelah hengkang, ada eks vokalis yang tak lagi menyanyikan lagu band lawasnya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Once Mekel (kiri) dan Ari Lasso (kanan). Ada beberapa mantan vokalis band yang tidak lagi menyanyikan lagu band lawasnya ketika manggung. Salah satunya Once yang tidak lagi menyanyikan lagu Dewa 19.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Once Mekel (kiri) dan Ari Lasso (kanan). Ada beberapa mantan vokalis band yang tidak lagi menyanyikan lagu band lawasnya ketika manggung. Salah satunya Once yang tidak lagi menyanyikan lagu Dewa 19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua anggota band terus sama dari sejak awal terbantuk. Ada personel yang memutuskan berhenti atau dikeluarkan, dan diganti dengan orang baru.

Meski sudah tidak berada dalam "bendera" yang sama, ada yang hingga kini menjalin hubungan baik. Namun ada pula yang hubungannya menjadi renggang.

Baca Juga

Setelah hengkang dari suatu grup musik, ada penyanyi yang memutuskan tidak lagi menyanyikan lagu-lagu "mantan" band-nya. Sebagian lain memang dilarang menyanyikannya, yang terkait dengan hak cipta. Berikut deretan mantan vokalis yang tak lagi menyanyikan lagu dari grup musiknya:

1. Sammy Simorangkir eks Kerispatih

 

photo
Mantan vokalis Kerispathi, Sammy Simorangkir. - (Republika/Agung Supri)

 

Penyanyi Sammy Simorangkir menjadi vokalis band Kerispatih sejak 2004 hingga 2010. Kini, dia tidak lagi membawakan lagu-lagu Kerispatih. Terutama, deretan tembang karya mantan pemain kibor Kerispatih, Doadibadai Hollo, atau yang biasa disapa dengan nama Badai.

Pada 5 Juli 2023, Badai mengunggah pernyataan yang melarang Kerispatih sebagai band maupun anggota band, juga Sammy, membawakan lagu-lagunya. Pelarangan dari Badai berlaku di pertunjukan apa pun, baik secara tunggal maupun dengan konsep reuni.

Hal itu dia umumkan lewat unggahan di akun Instagram @badaithepianoman, sebab Badai menganggap banyak implementasi kontrak yang tidak sesuai dengan perjanjian. Cukup banyak lagu hit Kerispatih yang merupakan ciptaan Badai, seperti "Bila Rasaku Ini Rasamu", "Demi Cinta", dan "Aku Harus Jujur".

2. Once Mekel eks Dewa 19

photo
Once Mekel. - (Republika/Rahma Sulistya)

 

Pada dekade 2000-an, grup musik Dewa 19 mempertahankan nama besarnya dengan vokalis Once Mekel, yang menggantikan sosok Ari Lasso. Namun, Once memutuskan hengkang dari Dewa 19 pada 2011, dan sejak itu Dewa 19 tampil dengan sejumlah vokalis berbeda.

Relasi antara Once dengan para personel Dewa 19, termasuk sang pendiri, Ahmad Dhani, terkesan baik-baik saja. Akan tetapi, publik menjadi gempar ketika pada Februari 2023, Ahmad Dhani melarang Once membawakan lagu-lagu ciptaannya untuk band Dewa 19.

Alasannya, kala itu Dewa 19 hendak menggelar tur musik dan tak ingin ada "gangguan". Dhani mengatakan, lagu ciptaannya yang lain yang tidak untuk Dewa 19 masih boleh dibawakan oleh Once. Menanggapi itu, Once membuat pernyataan bahwa dirinya tidak akan lagi menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 maupun lagu ciptaan Dhani lainnya.

Punya vokalis baru...lanjutkan membaca>>

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement