Kamis 05 Oct 2023 11:40 WIB

Istilah Gwenchana Viral di Medsos, Apa Artinya?

Saat ini, istilah gwenchana banyak dijadikan suara latar konten di medsos.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Bahasa Korea (ilustrasi). Istilah bahasa Korea, gwenchana, menjadi tren di media sosial.
Foto: mgrol100
Bahasa Korea (ilustrasi). Istilah bahasa Korea, gwenchana, menjadi tren di media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika membuka media sosial, kemungkinan besar kamu pernah mendengar istilah gwenchana yang menjadi backsound di berbagai konten. Banyak anak muda yang menggunakan kata ini dalam pergaulannya. Namun, sebenarnya kata-kata ini sudah populer sejak beberapa tahun belakangan.

Sebenarnya apa arti kata ini? Dilansir laman I Love Language, Kamis (5/10/2023), dalam bahasa Korea, kata gwenchana berarti “tidak apa-apa” atau “jangan khawatir”. Ini adalah ungkapan yang sangat umum digunakan dalam budaya Korea dan digunakan untuk meyakinkan seseorang bahwa semuanya baik-baik saja, atau untuk memberitahu mereka agar tidak khawatir. 

Baca Juga

Ungkapan tersebut dapat digunakan dalam berbagai situasi, dan merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan kepada seseorang bahwa kamu peduli padanya. Istilah gwenchana juga bisa berarti "baik", "baiklah", atau "baik". Bisa juga digunakan untuk menanyakan perasaan seseorang. Daripada mengatakan ya, kamu sebaiknya mengatakan gwaenchanayo atau angwaenchanayo.

"Tidak apa-apa" atau "Saya baik-baik saja", kedua kalimat tersebut digunakan dalam bahasa Korea yang berarti “Saya baik-baik saja”. Selain itu, dalam bahasa Korea, gwenchana adalah cara santai untuk mengatakan “tidak masalah” atau “tidak apa-apa”. Gwenchana dapat digunakan sebagai respons terhadap permintaan maaf seseorang atau sebagai cara untuk meremehkan suatu situasi.

Saat berbicara dengan orang dekat, ada baiknya menggunakan gwenchana. Percakapan informal sering kali menggunakan istilah ini untuk menunjukkan bahwa mengekspresikan diri tidak masalah.

Saat berbicara dengan orang yang tidak terlalu dikenal, istilah “kinchana” sering digunakan. Ini sering digunakan sebagai ekspresi formal persetujuan dalam suasana formal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement