Jumat 06 Oct 2023 07:32 WIB

Dari Mana Tren Gwenchana Berasal? Ternyata Bermula dari Ini

Istilah gwenchana kini mendapat 'pengakuan' global.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tangkapan layar salah satu video gwenchana yang viral di media sosial.
Foto: Dok. Tiktok/@lee2kyung
Tangkapan layar salah satu video gwenchana yang viral di media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istilah gwenchana atau gwenchanayo adalah ungkapan slang Korea umum yang diterjemahkan menjadi "Apakah kamu baik-baik saja?" atau "Tidak apa-apa" tergantung pada konteksnya. Ungkapan tersebut sering digunakan dalam serial drama Korea dan menjadi viral di media sosial sejak awal September 2023.

Meskipun biasanya di drakor, kalimat ini digunakan untuk momen "sedih" dan "menyemamgati", namun di medsos backsound ini digunakan pengguna memposting konten sandiwara komedi.

Baca Juga

Dilansir laman Know Your Meme, Kamis (5/10/2023), gwenchana berarti, “saya baik-baik saja”, “tidak apa-apa”, “saya baik-baik saja,” “saya baik-baik saja”, atau “tidak apa-apa.” Ungkapan tersebut dapat digunakan dengan berbagai cara, bergantung pada konteks percakapan. Misalnya, jika seseorang bertanya apakah kamu baik-baik saja, cukup ucapkan “gwenchana” yang artinya “Aku baik-baik saja”.

Memopulerkan serial TV drama Korea membuat ekspresi gwenchana mendapat pengakuan global. Salah satu contoh ekspresi paling awal yang menjadi meme viral berasal dari adegan serial "Welcome to Waikiki". Gwenchana banyak diucapkan di dalam dialog aktor Lee Yi-kyung. Aktor tersebut bahkan dianggap sebagai Duta Gwenchana oleh warganet.

Pada 19 Juni 2020, pengguna Youtube @kdramamaniac2906 memposting adegan yang menampilkan karakter berulang kali mengatakan “gwenchana” sebagai “tidak apa-apa” untuk menenangkan teman-temannya. Video tersebut mengumpulkan lebih dari 774 ribu penayangan dan 22 ribu likes dalam tiga tahun.

Pada 11 September 2023, pengguna Tiktok @grprm._ memposting video yang mengucapkan ekspresi tersebut dalam beberapa nada disertai dengan soundtrack emosional. Video tersebut dengan cepat menjadi viral di platform tersebut, diputar lebih dari 26 juta kali, 3 juta likes, dan lebih dari 96 ribu video lainnya yang menggunakan suara tersebut. Misalnya, pada 15 September 2023, pengguna TikTok @rydrayn memposting video kucing sedih yang dipadukan dengan suara viral, yang ditonton lebih dari 46 juta kali dan 9 juta suka dalam dua pekan.

Pada tanggal 23 September 2023, pengguna Youtube @piximilie mengunggah versi video layar hijau dari suara Tiktok yang viral. Postingan tersebut mengumpulkan sekitar 770 tampilan dan 18 suka dalam sepekan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement