Sabtu 30 Sep 2023 11:07 WIB

Lagu Jungkook BTS '3D' Picu Kontroversi, Terutama di Lirik Jack Harlow

Penggemar BTS ada yang terkejut mendengar lirik lagu '3D' Jungkook BTS.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di video klip lagi terbaru Jungkook BTS berjudul 3D. Lirik lagu 3D memicu kontroversi, terutama yang dinyanyikan oleh Jack Harlow.
Foto: Dok BigHit
Salah satu adegan di video klip lagi terbaru Jungkook BTS berjudul 3D. Lirik lagu 3D memicu kontroversi, terutama yang dinyanyikan oleh Jack Harlow.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu baru Jungkook BTS yang berkolaborasi dengan Jack Harlow, “3D”, baru saja dirilis kemarin, Jumat (29/9/2023). Meskipun sangat dinantikan, lagu tersebut ternyata mendapat reaksi beragam, terutama karena lirik di bagian Jack Harlow.

“Aku tidak pernah merasa mundur dari lagu BTS, sampai saat aku mendengarkan bait Jack Harlow,” tulis akun @nycnamj*** mengomentari.

Baca Juga

 “Jack Harlow verse,” tulis akun @kikikitty***.

Army terkejut saat lirik Jack Harlow dimulai karena menyertakan nama Jungkook. Ada yang mengira itu api, ada pula yang menganggapnya aneh dan mengerikan.

Berikut potongan liriknya:

I’m on my Jung Kook, take a chick off one look

And when they get took, they don’t ever get untook (What?)

When I seen that body, you would think it was a dead body

The way I told my boys, “Come look”

I used to take girls up to Stony Brook

And steal they hearts like some crook, true story

Now when I hold somebody’s hand, it’s a new story".

 

“JACK HARLOW I’m on my Jung Kook, take a chick off one look, OMGGG!!!” tulis akun @taeis*** tak habis pikir.

Namun, ini adalah kalimat Jack Harlow yang masih tergolong aman, dibandingkan lirik berikutnya. Dalam salah satu syair Jack Harlow, dia berbicara tentang jumlah wanita yang dimilikinya, "one girl is too boring".

Dia berkata, "now you wh*ring", tapi dia berbicara pada dirinya sendiri. Namun, hal ini membuat orang-orang salah paham, karena meskipun dia tidak menyebut wanita sebagai pelacur, memiliki banyak wanita (bahkan dengan antrean panjang di belakangnya pada MV) terasa objektif bagi banyak pendengar wanita.

"I had one girl (One girl), too boring

Two girls (Two girls), that was cool for me

Three girls, damn, dude’s hor*y

Four girls, okay, now you whori*’

(Hey, hey, hey) Hey, I’m loose

I done put these shrooms to good use

I done put my city on my back

And the world know my name, I’m the truth".

"BAGIAN INI MEMBUATKU MUNDUR,” tulis akun @tkosv***

Kalimat yang paling memicu kontroversi adalah kalimat sebelumnya di mana Harlow mengatakan, "All my ABGs get cute for me". Beberapa pendengar sempat bingung apa yang dimaksud dengan ABG.

Jadi, mereka mencari tahu, dan Google mendefinisikannya sebagai Arterial Blood Gas sehingga mereka semakin bingung dengan hal ini. Namun, pendengar di Asia sangat menyadari arti sebenarnya dari konteks lagu tersebut. Ini adalah singkatan dari Asian Baby Girl.

Banyak yang menganggap penggunaan ABG oleh Jack Harlow bermasalah, dianggap menghina dan menyinggung. Mereka menunjukkan asal usul sejarahnya dan bagaimana hal itu tidak boleh dianggap remeh.

Abgs adalah gangster Asia Tenggara dan asal usulnya menghina/mengklasifikasikan (emoji gusar) bukan berarti gadis Asia seksi,” tulis akun @madele***. 

Beberapa pihak membela istilah ABG, dengan mengatakan istilah itu kini telah digunakan kembali. Banyak yang merasa bangga jika dapat mengidentifikasi dirinya sendiri. Jadi, mereka tidak tersinggung karenanya.

“Apakah aku perlu memberikan dua sen-ku untuk ABG, sepertinya itu adalah sebuah estetika yang banyak digunakan oleh gadis-gadis Asia Tenggara (seperti aku), sebagai cara untuk melawan ekspektasi stereotip ‘tunduk dan patuh’ yang selalu dimiliki masyarakat terhadap gadis-gadis Asia,” tulis akun @koomi***. 

Namun, sebagian besar memiliki masalah dengan hal itu, terutama karena hal itu datang dari mulut orang kulit putih. Juga, tidak ada Asian Baby Girls yang ditampilkan dalam video musik. Jadi, rasanya janggal memasukkan lirik seperti itu, kecuali jika itu ditujukan untuk Jungkook.

Banyak orang merasa tidak nyaman dengan kalimat ABG dan dead body, sehingga mereka sama sekali tidak menyukai lirik-lirik Harlow. Jadi, ada Army yang memilih untuk mendengarkan “3D” versi alternatif. Di sisi lain, Army memuji Jungkook. Meskipun mereka merasa kalimat Jack Harlow bersifat objektif terhadap wanita, mereka menghargai bahwa lirik Jungkook menekankan pentingnya persetujuan kedua belah pihak dalam sebuah hubungan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement