Senin 25 Sep 2023 14:27 WIB

'Pernikahan Dini' Versi Baru, Konflik Lawas dengan Sentuhan Lebih Segar

Serial 'Pernikahan Dini' diadaptasi dari sinetron populer tahun 2000-an.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Aktris Megan Domani berperan sebagai dini di serial Pernikahan Dini yang tayang di Disney+ Hotstar 23 September.
Foto: Dok Republika
Aktris Megan Domani berperan sebagai dini di serial Pernikahan Dini yang tayang di Disney+ Hotstar 23 September.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sukses dengan drama keluarga  “Layangan Putus”, sutradara Benni Setiawan bersama produser Manoj Punjabi dari MD Entertainment, menghadirkan serial baru “Pernikahan Dini” di Disney+ Hotstar. Serial ini diadaptasi dari kisah remaja ikonik dan yang juga pernah dijadikan film pada 1987 dan populer sebagai sinetron di era tahun 2000-an.

Benni mengatakan, serial ini dibuat lebih segar dan lebih "masuk" dengan kehidupan zaman sekarang. Menurut dia, mungkin judulnya terkesan sangat remaja, namun ceritanya lebih mengenai keluarga.

Baca Juga

“Ada keluarga Dini, Vincent, cukup berperan dalam series ini mencoba memggambarkan dampak ini kepada keluara tentang anak-anak bermasalah ini. Kalau bicara 'Layangan Putus', ini sama akan menyentuh juga dari sisi keluarga,” kata Benni di Jakarta, pada pekan lalu.

Dia mengatakan serial ini mengangkat inti cerita dari versi orisinal filmnya, namun terdapat perbedaan yang disesuaikan agar cerita serialnya terasa lebih relevan pada kehidupan masa kini. Seperti konflik yang terjadi akibat dari adanya media sosial, percakapan dengan bahasa yang sering digunakan saat ini, hingga kehidupan keluarga dan anak sekolah yang modern.

 

Manoj Punjabi selaku produser mengatakan tema pernikahan dini sudah diceritakan beberapa kali. Karena itu, ia mencoba menggali sisi yang lebih menarik. 

“Ini Bapaknya agak kurang, ibunya gini, orang gak percaya itu Bapak Vincent, hal-hal seperti itu yang kami bawa jadi lebih approachable dan relatable, ada lucunya,” kata dia.

Layaknya kisah cinta remaja SMA, serial “Pernikahan Dini” diawali dengan cinta segitiga antara Dini (Megan Domani), Vincent (Randy Martin), dan Rayi (Giulio Parengkuan). Vincent yang dikenal sebagai biang onar di sekolah, jatuh cinta pada Dini, seorang siswi berprestasi. Sayangnya, perasaan Vincent tak terbalaskan karena Dini justru menaruh rasa pada sahabatnya, Rayi. 

Akan tetapi, cerita romansa Dini berubah menjadi sebuah tragedi ketika suatu pagi, ia terbangun di sebelah Rayi tanpa memori jelas tentang apa yang terjadi di pesta pada malam sebelumnya. Situasi semakin tak terkendali ketika hal yang dikhawatirkan menjadi nyata, Dini hamil dan dikeluarkan dari sekolah. Kenyataan pahit ini akhirnya memaksa Dini untuk meninggalkan masa remaja yang indah dan memulai babak baru dalam hidupnya yang penuh tantangan. 

Namun, konflik tak lantas berakhir setelah keputusan berat yang harus dibuatnya. Persoalan Dini kian bertambah saat Vincent mengaku sebagai ayah dari anak yang ada dikandungannya. Serial sepanjang 10 episode ini akan menceritakan kisah Dini (Megan Domani), siswi SMA berprestasi yang hidupnya berubah ketika ia harus memutuskan untuk menikah di usia muda. 

Serial juga dimainkan oleh Ratu Rafa sebagai Carla, Christie Arranda sebagai Bella, Sarah Felicia sebagai Marsha, Jessica Shaina sebagai Gisel, Rianti Cartwright sebagai Deborah, Ferdy Tahier sebagai Pepen, dan Renaga Tahier sebagai Doni. Serial “Pernikahan Dini” akan menyapa para penonton lewat dua episode perdananya yang akan tayang eksklusif di Disney+ Hotstar mulai 23 September 2023, diikuti dengan satu episode terbaru setiap hari Sabtu. Santi Sopia

Randy dan Megan mengaku senang mendapat peran untuk cerita ikonik tersebut. Menurut Megan, Dini dikenal sebagai siswi yang pintar dan aktif berorganisasi serta menjadi Ketua OSIS. Namun kehidupannya seketika berubah drastis ketika dihadapkan pada masalah saat ia ternyata hamil.

“Dini agak keras kepala, banyak plot twist-nya,” kata Megan.

Megan juga mengaku karakter Dini cukup berbeda dengan karakter asli dirinya. Namun itu menjadi tantangan saat ia mendalami karakter.

Karakter Vincent yang dimainkan Randy digambarkan sebagai bad boy dan hobi menggoda wanita. Namun dari sekian banyak wanita yang ia dekati, hanya Dini yang cuek padanya.

Dikenal sebagai biang onar di sekolah yang menyukai Dini. Usaha Vincent untuk mendekati Dini selalu gagal, hingga suatu ketika Dini setuju untuk menerima undangan Vincent ke sebuah pesta di rumahnya. Keputusan ini menjadi titik awal dari rangkaian tragedi yang mengubah hidup Dini. 

“Setelah hamil, kehidupan Dini berubah, banyak plot twist-nya bagian saat Dini hamil, ada saya dan Giulio ngaku-ngaku sebagai Bapaknya,” kata Randy Martin dalam kesempatan yang sama.

Randy mengaku perlu menjaga emosi agar sampai ke penonton. Dia juga perlu mendalami karakter Vincent, bahkan ketika tidak sedang akting di depan kamera.

"Pernikahan Dini" merupakan serial perdana Rianti Cartwright setelah memiliki anak. Di serial ini, dia berperan sebagai Deborah, ibu dari Dini.

“Ini proyek pertama setelah aku punya anak,” kata Rianti.

Rianti diketahui memiliki anak bernama Cara Rose Kanaya Nainggolan. Sang putri lahir pada 25 Juli 2020. Kembali ke depan layar tidak terlalu menyulikan bagi Rianti. Sebagai seorang perempuan yang telah menjadi ibu, Rianti mengaku tahu rasanya bagaimana harus menjaga anak perempuan.

Adapun sosok Deborah yang ia perankan merupakan karakter yang ceria, gemar bergaul, dan tidak kaku. Lagi-lagi untuk menjadi sosok fleksibel ini, Rianti juga merasa tidak terlalu sulit.

“Pernikahan Dini” menyapa para penonton lewat dua episode perdananya yang tayang eksklusif di Disney+ Hotstar mulai 23 September 2023, diikuti dengan satu episode terbaru setiap Sabtu. “Pernikahan Dini” akan menambah deretan konten spesial di Disney+ Hotstar bersama serial-serial pilihan lainnya seperti “Hubungi Agen Gue!”, “Jurnal Risa”, “Teluh Darah”, “Keluarga Cemara The Series”, “Yang Hilang Dalam Cinta”, “Wedding Agreement The Series”, dan “Susah Sinyal The Series”. Para pelanggan juga dapat menyaksikan serial-serial yang akan datang seperti “Wedding Agreement The Series 2” hingga “Tira”, eksklusif di Disney+ Hotstar.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement