Kamis 21 Sep 2023 19:28 WIB

Penumpang Alami Diare Ekstrem, 1 Pesawat 'Heboh' Hingga Harus Berbalik Arah

Kasus diare parah dialami 1 penumpang Delta Airlines hingga kotorannya berceceran.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Penumpang pesawat mengalami diare ekstrem (ilustrasi). Pesawat Delta Airlines terpaksa berbalik arah ketika salah satu penumpangnya mengalami diare parah.
Foto: www.freepik.com
Penumpang pesawat mengalami diare ekstrem (ilustrasi). Pesawat Delta Airlines terpaksa berbalik arah ketika salah satu penumpangnya mengalami diare parah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penerbangan trans-atlantik Delta Airlines menjadi berita utama pada beberapa pekan lalu setelah terpaksa berbalik arah karena masalah biohazard. Kasus diare parah yang dialami seorang penumpang meninggalkan "jejak" yang berceceran di lorong pesawat. 

Situasi seperti itu sangat ekstrem. Keadaan darurat medis mungkin sulit ditangani pada ketinggian 30 ribu kaki. Namun insiden tersebut tetap memicu perbincangan seputar pengalaman buang air besar dalam penerbangan. 

Baca Juga

Meskipun kebanyakan orang cenderung menghindari penggunaan kamar mandi di pesawat jika memungkinkan, hal ini mungkin sulit dilakukan selama penerbangan jarak jauh. Jadi apa yang harus diingat mengenai kebersihan, kesehatan, dan rasa hormat terhadap sesama penumpang? 

Dilansir laman Huff Post, Rabu (20/9/2023), beberapa pakar medis dan frequent flyer memberikan sejumlah saran. Pertama, kotoran memang merupakan "bahaya biologis". Profesor kesehatan masyarakat di New Mexico State University, Mexico, Jagdish Khubchandani mengatakan, urine dan feses dikategorikan sebagai biohazard karena adanya patogen penyakit menular dan racun. 

“Usus dan saluran kemih kita mengandung bakteri, dan jika seseorang mengidap penyakit menular, mungkin juga ada virus di ususnya. Ini dikeluarkan pada waktu normal dan ketika seseorang terinfeksi,” kata Prof Khubchandani.

Kontak dengan kotoran manusia dapat menyebabkan infeksi bakteri, virus, atau parasit, mulai dari keracunan makanan hingga penyakit yang sangat serius. Ini biasanya menyebar melalui apa yang disebut jalur fecal-oral, menyentuh permukaan yang berisi kotoran orang lain karena orang tersebut tidak mencuci tangannya, lalu menyentuh mulut atau makanan.

“Kotoran mengandung banyak organisme yang tidak terlihat dengan mata telanjang, dan beberapa organisme ini dapat membuat Anda sangat sakit jika tertelan, bahkan dalam jumlah kecil,” kata ahli gastroenterologi dan asisten profesor kedokteran di New Fakultas Kedokteran Grossman Universitas York, Inggris, dr Rabia de Latour.

Begitu pula dengan bakteri atau virus penyebab konjungtivitis yang bisa ditemukan di kotoran, sehingga bisa menyebabkan mata merah jika menyentuh mata setelah bersentuhan dengan kuman tersebut. Staf di pesawat kemungkinan besar tidak memiliki peralatan yang memadai, untuk membersihkan jumlah kotoran yang terlihat dalam rekaman penerbangan Delta dan untuk melindungi diri mereka sendiri dan penumpang saat mereka membersihkan.

Itu sebabnya kebersihan tangan adalah segalanya. “Jika Anda perlu menggunakan kamar mandi untuk buang air besar, Anda harus buang air besar,” kata de Latour.

Selain memastikan agar kamar mandi tetap bersih setelah digunakan untuk pengguna berikutnya, satu-satunya hal yang paling penting adalah mencuci tangan dengan benar setelahnya, untuk memastikan tidak ada kotoran yang menyebar di pesawat melalui pegangan, keran, sandaran tangan, tempat duduk, ikat pinggang, dan lainnya. Lalu bawa botol pembersih tangan sendiri untuk membersihkan kuman lain yang mungkin ditemui setelah mencuci tangan di wastafel.

“Pertimbangkan untuk membawa tisu basah antibakteri sehingga dapat menyeka permukaan benda, dan menggunakannya untuk tangan setelahnya,” kata salah satu pendiri Solo Female Travelers, Meg Jerrard. 

Jika mengalami masalah pencernaan di pesawat, jaga diri sendiri. Terkadang, hal-hal tak terduga terjadi selama penerbangan, namun jika mengalami masalah pencernaan saat berada di udara, jangan panik.

Ada beberapa langkah bermanfaat yang dapat diambil sebelum penerbangan. Persiapan membuat perbedaan besar dalam masalah pencernaan. Siapkan pembersih tangan dan tisu basah, dan jangan terlalu berani makan sebelum penerbangan. Tak ada salahnya membawa obat-obatan pribadi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement