Senin 04 Sep 2023 15:21 WIB

Kesalahan yang Sering Dilakukan Penumpang Terkait Barang Bawaan di Pesawat

Apakah Anda masih menulis label bagasi dengan lengkap dan terbuka?

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Gantungan identitas di koper (ilustrasi). Penulisan identitas lengkap di koper dinilai sebuah kesalahan karena dinilai rentan disalahgunakan.
Foto: Dok www.freepik.com
Gantungan identitas di koper (ilustrasi). Penulisan identitas lengkap di koper dinilai sebuah kesalahan karena dinilai rentan disalahgunakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pramugari Ally Rae Case yang mempunyai akun @allycase1 di Tiktok mengunggah video tentang kesalahan yang sering dilakukan penumpang ketika menandai bagasi pesawat. Dalam video berdurasi 45 detik itu, dia menjelaskan bahwa mengungkapkan informasi label bagasi Anda secara terbuka bisa sangat berbahaya. 

Sebaliknya, dia menyarankan para pelancong membalik kertas label bagasi mereka ke sisi lain untuk menyembunyikan informasi kontak mereka. “Aku punya tips untukmu. Selalu pastikan label bagasi Anda memiliki informasi kontak menghadap ke sisi lain,” katanya dalam klip tersebut yang telah ditonton hampir 60 ribu kali, dilansir NewYorkPost, pada akhir pekan lalu.

Baca Juga

Memperlihatkan label bagasi menjadi kesalahan umum yang sering terjadi karena wisatawan membeberkan alamat rumah, email, dan nomor ponselnya. “Itu terlalu banyak informasi yang dilihat oleh orang lain," ujarnya.

Dia meyakinkan wisatawan tidak perlu khawatir karena siapa pun yang menemukan tas Anda akan mengambil selembar kertas dan membaliknya ke sisi lain untuk mendapatkan informasi kontak Anda. Tips perjalanan dapat diterapkan saat bepergian melalui bandara atau bepergian dengan angkutan umum.

“Saya sering naik kereta dan ada banyak orang 'gila' di sana. Saya tidak membutuhkan bahwa informasi saya dilihat oleh semua orang," ucapnya.

Beberapa pengguna lain juga membagikan saran mereka di kolom komentar. Ada yang menulis tanda panah jaga-jaga supaya jika ada yang menemukannya mengira itu kosong. Ada juga yang dengan cepat menawarkan solusi lain.

“Anda dapat menulis 'lihat sisi lain' jika Anda tidak yakin. Gunakan saja alat yang agak tajam sehingga cukup menembus kertas untuk mengetahui ada tulisan di sisi lain," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement