Kamis 21 Sep 2023 17:37 WIB

Beredar di Tiktok Tips ‘Usir’ Migrain dengan Makan Lemon, Ampuhkah? Ini Kata Dokter

Salah satu pengguna Tiktok membagikan tips yang diklaim ampuh mengatas migrain.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Qommarria Rostanti
Migrain (ilustrasi). Di Tiktok, ada tren untuk menghilangkan migrain.
Foto: Republika.co.id
Migrain (ilustrasi). Di Tiktok, ada tren untuk menghilangkan migrain.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serangan migrain memang bisa terasa sangat menyiksa. Tak heran bila para penderita migrain menginginkan cara yang mudah dan instan untuk meredakan gejala-gejala migrain.

Baca Juga

Salah satu cara yang diklaim dapat meredakan sakit kepala saat terserang migrain adalah memakan lemon. Belakangan, cara ini menjadi populer di media sosial Tiktok setelah seorang pembuat konten memviralkannya.

Pembuat konten bernama Cass Cavanaugh tersebut mengungkapkan bahwa gejala migrain bisa diredam dengan memakan satu buah lemon utuh. Daging lemon harus dikonsumsi tanpa diolah, seperti saat memakan jeruk.

 

"Fakta menarik yang saya pelajari, bila Anda memakan satu lemon utuh, itu akan menghentikan migrain. Saat Anda sudah cukup putus asa akibat migrain, Anda akan mencoba apa pun," lanjut Cavanaugh, seperti dilansir Independent pada Rabu (20/9/23).

Sebagai penderita migrain, Cavanaugh mengungkapkan bahwa dia telah mencoba beragam obat dan metode lain. Sebagian di antaranya adalah duduk di ruangan gelap dan menaruh kompres dingin di kepala. Sayangnya, semua itu tak berhasil meredam keluhan migrain Cavanaugh.

"Lalu suatu malam, saya coba menggigit sebuah lemon dengan harapan itu bisa membantu, dan ternyata benar-benar membantu," jelas Cavanaugh dalam video Tiktok yang dia unggah.

Melihat video viral yang dibuat oleh Cavanaugh, ahli kesehatan pembuluh darah dr Mahyar Maddahali turut berkomentar. Melalui sebuah video, dr Maddahali mengimbau agar orang-orang tidak mengikuti trik yang dibagikan oleh Cavanaugh.

"Kita tidak punya cukup bukti untuk membuktikan (efektivitas lemon dalam meredam migrain)," ujar dr Maddahali.

Selain itu, dr Maddahali menyatakan bahwa konsumsi lemon berpotensi memperberat gejala migrain. Alasannya, lemon memiliki kandungan bernama tyramine yang kerap dikaitkan dengan kemunculan migrain. Di dalam tubuh, tyramine bisa mendorong sel-sel saraf untuk melepaskan norepinefrin.

Menurut dr Maddahali, norepinefrin adalah hormon yang memainkan peran penting dalam respons fight or flight. Respons tersebut bisa membuat tekanan darah meningkat dan memperberat sakit kepala.

Migrain merupakan jenis sakit kepala yang bisa menyebabkan nyeri seperti berdenyut. Rasa nyeri ini sering kali muncul pada setengah sisi kepala.

Migrain juga kerap memunculkan gejala lain seperti sensitif terhadap cahaya, mual, muntah, dan sensitif terhadap suara. Gejala migrain bisa berlangsung selama beberapa jam hingga hari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement