Kamis 14 Sep 2023 22:58 WIB

Kunto Aji Rilis Album Baru Pengantar Purifikasi Pikir

Kunto Aji sempat menunda perilisan album ketiganya karena pandemi Covid-19.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi dan penulis lagu Kunto Aji dalam konferensi pers album ketiganya Pengantar Purifikasi Pikir di Gripa Studio Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2023).
Foto: Dok Republika/Rahma Sulistya
Penyanyi dan penulis lagu Kunto Aji dalam konferensi pers album ketiganya Pengantar Purifikasi Pikir di Gripa Studio Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kalimat "tenggelam dalam lamunan" pernah menjadi sangat filosofis pada masa di mana teknologi belum menggerogoti manusia. Sudah cukup lama rasanya manusia bergantung pada gawai, dan sudah saatnya untuk merasakan lamunan yang sebenar-benarnya.

Kunto Aji menyajikan album ketiganya bertajuk Pengantar Purifikasi Pikir dengan sembilan lagu yang lebih nge-pop. Lewat album ini, Kunto ingin mengajak semua pendengar untuk membenamkan diri pada lamunan, menjauhkan gawai, dan mengintip kedewasaan dalam diri.

Baca Juga

“Sekarang melamun itu adalah hal yang mewah. Orang udah nggak bisa bengong, ketika lowong pasti harus lihat gadget, karena memang gadget diciptain buat seperti itu,” ucap Kunto dalam konferensi pers album terbarunya di Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2023).

Menemukan inspirasi dalam menciptakan sebuah karya pun terkadang perlu melamun, tetapi bukan hanya melamun di rumah saja. Karena saat pandemi kemarin, Kunto mengaku tidak mudah menemukan inspirasi untuk lagu-lagunya.

Pandemi pula yang membuat Kunto harus menunda pembuatan album ketiganya, hingga jaraknya lima tahun sejak album Mantra Mantra. Meskipun Pengantar Purifikasi Pikir adalah pertumbuhan kehidupannya selama lima tahun itu, namun ia mengakui bahwa ia perlu berada di luar rumah untuk menulis lagu.

“Awalnya berpikir di rumah bakal banyak inspirasi (saat pandemi), tapi ternyata nggak. Saya tetap butuh keluar, pandemi ini bikin stuck nulis juga,” kata pelantun “Pilu Membiru” berusia 36 tahun itu.

Lagunya “Jangan Melamun Saat Hujan” diceritakan Kunto sebagai psikologi kebalikan. Ketika berbicara "Jangan melamun saat hujan", orang-orang justru akan melamun.

Terlalu banyak informasi yang dicerna setiap harinya lewat gawai, terlalu kreatif hingga kebanjiran referensi, lalu saat ingin mengerjakan justru kepala terasa penuh. Di situlah melamun ini dibutuhkan, misalnya ada penelitian yang menyebut bahwa ide bermunculan ketika sedang mandi, karena ketika mandi itu tidak melakukan apa-apa.

“Kita saat itu melamun, membiarkan proses informasi yang sudah didapat. Bengong itu sangat penting,” ucap Kunto.

Pengantar Purifikasi Pikir merupakan album yang sangat personal untuknya. Kunto pun tak perlu jauh-jauh untuk mencari produser, pilihannya jatuh kepada Afif Gifano dan Pandji Akbari, yang masing-masing adalah kibordis dan gitaris yang sudah mengiringi Kunto Aji di panggung menjelang album pertamanya, Generation Y, dilepas pada 2015.

Sembilan lagu dari albumnya ini sudah bisa didengarkan di seluruh platform musik streaming, sementara single MV masih sedang proses produksi. Kunto enggan membocorkan single pertama apa yang akan dirilis MV-nya, ini agar menjadi kejutan tersendiri bagi penggemarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement