Kamis 14 Sep 2023 15:32 WIB

Taylor Swift Sabet Penghargaan Tertinggi VMA 2023, Total Raih 9 Kemenangan

Taylor Swift memenangkan Video of the Year VMA 2023 lewat lagu 'Anti-Hero'.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Taylor Swift. Taylor Swift memenangkan 9 penghargaan di MTV VMA Awards 2023, termasuk penghargaan paling bergengsi Video of the Year.
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Penyanyi Taylor Swift. Taylor Swift memenangkan 9 penghargaan di MTV VMA Awards 2023, termasuk penghargaan paling bergengsi Video of the Year.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taylor Swift mendominasi acara tahunan MTV Video Music Awards 2023 yang digelar di Prudential Center, New Jersey, AS pada Selasa (13/9/2023) waktu setempat. Ia sukses memboyong sembilan piala, termasuk perhargaan paling bergengsi di ajang itu, Video of The Year, untuk single pertama dari album Midnights, "Anti-Hero”.

Ini merupakan kemenangan kedua kalinya secara beruntun bagi Swift dalam kategori video terbaik. Pada tahun lalu, ia memenangkan penghargaan ini untuk lagu "All Too Well" Taylor’s Version.

Baca Juga

Dalam pidato kemenangan, Swift mengaku tidak menyangka bisa meraih penghargaan tertinggi di WMA 2023. Pelantun “Back to December” tersebut mengatakan, ini adalah perhargaan yang sangat berarti bagi dirinya.

“Sungguh saya tidak percaya ini terjadi,” kata Swift saat menerima perhargaan seperti dilansir Business World, Kamis (14/9/2023).

Sembilan penghargaan yang diraih Swift, memecahkan rekor perolehan VMA terbanyak dalam satu malam. Selain perhargaan teratas, ia juga memenangkan kategori Lagu Terbaik, Artis Terbaik, Pop Terbaik, Penyutradaraan Terbaik, Sinematografi Terbaik, Efek Visual Terbaik, Pertunjukan Musim Panas, dan Album Terbaik Tahun Ini untuk “Midnights”. Atas penghargaan tersebut, Swift mengoleksi 23 penghargaan VMA yang diraihnya sepanjang kariernya, terbanyak kedua setelah Beyonce.

Pada tahun ini, Swift didominasikan untuk total 11 penghargaan, kalah dalam Penyuntingan Terbaik dan Lagu Musim Panas. Di antara para pemenang lainnya, rapper Ice Spice dinobatkan sebagai artis baru terbaik. Stray Kids, grup yang dibentuk melalui sebuah reality show, memenangkan penghargaan K-pop terbaik, dan SZA mendapatkan video RnB terbaik untuk "Shirt".

Rema dan Selena Gomez memenangkan VMA pertama untuk musik Afrobeats untuk kolaborasi mereka "Calm Down". Para penampil dalam acara ini termasuk Demi Lovato, Lil Wayne, Olivia Rodrigo, pembawa acara Nicki Minaj, dan rapper Sean "Diddy" Combs, yang menerima penghargaan Global Icon.

Minaj, yang memenangkan piala video hip hop terbaik, juga bergabung dengan Grandmaster Flash, LL Cool J, dan tokoh-tokoh rap lainnya dalam sebuah perayaan multilagu untuk merayakan ulang tahun ke-50 hip hop yang diakhiri dengan lagu "Walk This Way" dari Run DMC. Penyanyi pop Kolombia, Shakira, dianugerahi penghargaan Video Vanguard Award untuk kariernya selama 20 tahun. Setelah membawakan medley dua bahasa dari lagu-lagu hitsnya termasuk "Hips Don't Lie" dan "Whenever, Wherever" penyanyi ini memberi penghormatan kepada para penggemarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement