Sabtu 02 Sep 2023 07:02 WIB

Film Action yang tanpa Diduga Laku Keras di Bioskop

Film-film action ini melampaui ekspektasi di box office.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Deadpool. Deadpool menjadi salah satu film action yang tanpa diduga laku keras di bioskop.
Foto: Dok. Disney/Marvel
Salah satu adegan di film Deadpool. Deadpool menjadi salah satu film action yang tanpa diduga laku keras di bioskop.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa film action atau laga yang kini terkenal dan menjadi hit box office, ternyata pada mulanya tidak pernah dibayangkan menjadi sesukses itu. Meskipun hal ini sulit dipercaya, namun itu benar adanya.

Bahkan banyak film laga paling ikonik sepanjang masa dirancang dengan akhir cerita yang tidak memungkinkan untuk dikembangkan menjadi sekuel pada masa depan. Dalam menentukan bagaimana sebuah film laga menjadi sukses di luar dugaan awal, kita bisa mengacu pada total box office secara keseluruhan lalu dibandingkan dengan anggaran produksi dan pemasaran.

Baca Juga

Selain itu, ada faktor-faktor lain seperti persaingan box office, ulasan kritis dan penonton, kekuatan cerita, karakter, serta pertimbangan naratif lainnya. Dilansir Screenrant pada Jumat (1/9/2023), berikut adalah beberapa film laga yang diproyeksikantampil baik di box office, namun ternyata jauh melebihi ekspektasi awal:

1. Deadpool (2016)

photo
Deadpool (2016). - (foxmovies.com)

 

Kedua film Deadpool memiliki performa yang sangat baik di box office global menjadikannya dua film aksi paling tak terduga yang menjadi hit box office. Ryan Reynolds tentu saja dapat menarik penonton bahkan dengan menggunakan topeng, dengan film asli Deadpool yang menghasilkan 782 juta dolar AS di box office seluruh dunia dari anggaran hanya 58 juta dolar AS. Kesuksesan finansial Deadpool 2 pada dasarnya menegaskan bahwa perilisan Deadpool 3 pada 2024 seharusnya tidak mengejutkan.

2. Venom (2018)

photo
Adegan dalam film Venom. - (Sony Pictures via AP)

 

Venom mendapat nilai yang buruk dari para kritikus, namun masih menjadi salah satu film aksi superhero yang paling menguntungkan sepanjang masa. Hebatnya, film ini menjadi film aksi terlaris ke-32 yang pernah dibuat meskipun memiliki rating Metascore 35/100. Venom menghasilkan 856 juta dolar AS yang mengejutkan di box office global dari anggaran 116 juta dolar AS pada 2018.

Sekuelnya pada 2021 juga tampil cukup baik dengan lebih dari setengah miliar dolar secara global dari anggaran 110 juta dolar. Entah itu karakter Venom, Tom Hardy, atau keduanya, bahkan ulasan yang buruk pun tidak dapat menghentikan Venom untuk menjadi sangat menguntungkan.

3. Baby Driver (2017)

photo
Salah satu adegan di film Baby Driver. - (Google)

 

Baby Driver menjadi salah satu film yang paling bergaya dan banyak dibicarakan pada musim panas 2017 berkat arahan brilian dari Edgar Wright. Dengan anggaran yang tidak terlalu besar yaitu 34 juta dolar AS, Baby Driver mampu menghasilkan hampir 227 juta dolar AS di box office global.

Meskipun film ini memiliki pemeran yang cukup bertabur bintang termasuk Jamie Foxx dan John Hamm, Baby Driver harus bersaing dengan deretan film musim panas lainnya seperti Wonder Woman, Guardians of the Galaxy Vol. 2, dan Spider-Man: Homecoming. Melihat persaingan dan kesuksesan box office-nya, Baby Driver jelas merupakan film aksi yang tak terduga di tahun 2017.

 

Kesuksesan yang tak terduga...lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement