Selasa 29 Aug 2023 07:45 WIB

Ini Dia 7 Makanan yang tidak Boleh Dimasak dengan Air Fryer

Ada beberapa jenis makanan lain yang tidak cocok dimasak dengan air fryer.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada tujuh makanan populer yang tidak boleh Anda masak dengan alat air fryer./ilustrasi
Ada tujuh makanan populer yang tidak boleh Anda masak dengan alat air fryer./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Peranti memasak air fryer menggunakan udara panas, bukan minyak panas, untuk memasak makanan, sehingga menawarkan alternatif yang cepat dan sehat dibandingkan penggorengan biasa. Namun, meskipun alat ini dapat digunakan untuk memasak sejumlah makanan termasuk keripik hingga pizza, ada beberapa jenis makanan lain yang tidak cocok dimasak dengan air fryer. 

Berikut ini daftar tujuh makanan populer yang tidak boleh Anda masak dengan alat air fryer. 

Baca Juga

 1. Popcorn

Dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (29/8/2023), jika Anda berencana menonton film di malam hari, Anda mungkin tergoda untuk memasukkan biji popcorn ke dalam air fryer.

Jika ingin memasak popcorn lebih baik menggunakan microwave saja atau Anda mungkin harus menunggu beberapa saat. Memasak popcorn di alat air fryer Anda mungkin tidak akan berhasil karena sebagian besar alat ini tidak mencapai suhu yang cukup tinggi untuk mengeluarkan bijinya. Microwave tua yang bagus akan bekerja lebih baik.

 

2. Pasta dan saus pasta

Tidak mengherankan, Anda tidak bisa menggunakan air fryer untuk memasak pasta mentah, karena Anda harus memasukkannya ke dalam air mendidih. Dan meskipun memasak saus pasta dalam air fryer secara teknis memungkinkan, mungkin akan menjadi sangat berantakan. 

Anda dapat menggunakan air fryer untuk memanaskan kembali pasta dan saus yang sudah matang, tetapi microwave adalah cara yang lebih efisien untuk melakukan hal ini.

 

3. Roti panggang

Seperti saus pasta, roti panggang bukan tidak mungkin dimasak dengan air fryer. Namun, Anda mungkin akan kecewa dengan hasilnya dibandingkan dengan roti panggang yang dibuat di pemanggang roti atau di bawah panggangan.  

Air fryer dapat mengeringkan roti dan remah-remahnya dapat tersangkut di dasar keranjang saat roti panggang tertiup angin saat dimasak. Anda juga harus membaliknya setengah. Itu tidak sepadan dengan usahanya.

 

4. Nasi

Memasak nasi dari awal membutuhkan air, jadi air fryer tidak cocok. Air fryer bukanlah alat yang bisa digunakan untuk merebus dan mengukus. Anda lebih baik menggunakan slow cooker atau panci di atas kompor.

 

5. Sayuran segar   

Jika Anda penggemar keripik kangkung, Anda mungkin tergoda untuk memasukkan beberapa sayuran segar ke dalam alat penggoreng udara Anda. 

Namun, ini tidak akan memberi Anda keripik yang renyah. Daun selada, kangkung, dan bayam sangat ringan sehingga kemungkinan besar akan tertiup angin di sekitar alat penggoreng udara, sehingga menghasilkan lebih banyak kekacauan daripada camilan lezat. 

 

6. Keju (kecuali halloumi)      

Meskipun produk keju beku seperti keju yang dilapisi tepung roti atau stik mozzarella boleh dimasak dengan penggoreng udara, sebaiknya hindari penggunaan keju segar apa pun.

Kebanyakan keju segar memiliki suhu leleh yang rendah sehingga dapat cepat gosong. Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah halloumi, yang aman dimasak dengan air fryer karena titik lelehnya yang lebih tinggi. 

 

7. Ayam utuh    

Kecuali Anda memiliki alat air fryer berukuran besar, hindari memasukkan ayam utuh ke dalamnya. Air fryer memerlukan ruang yang cukup untuk mengalirkan udara panas, dan ayam utuh akan memakan terlalu banyak ruang untuk memungkinkan hal ini terjadi. Ini berarti ayam utuh kemungkinan besar akan gosong bagian luarnya, dan tetap mentah di bagian dalamnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement