Jumat 11 Aug 2023 15:07 WIB

Ingin Lebih Hemat? Lakukan Tips Berikut Saat Berbelanja dan Memasak

Memasak sendiri di rumah kerap dianggap lebih menyehatkan dan lebih hemat pula.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika ingin penghematan itu lebih optimal, ada sejumlah hal yang bisa dilakoni saat berbelanja dan memasak  (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Jika ingin penghematan itu lebih optimal, ada sejumlah hal yang bisa dilakoni saat berbelanja dan memasak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasak sendiri di rumah kerap dianggap lebih menyehatkan, sebab seseorang bisa mengetahui higienitas dan kualitas bahan yang dimasak, daripada jika makan di luar rumah. Selain itu, kebiasaan memasak akan lebih menghemat anggaran harian.

Dengan melonjaknya harga makanan, membiasakan memasak sendiri memang jadi hal baik. Jika ingin penghematan itu lebih optimal, ada sejumlah hal yang bisa dilakoni saat berbelanja dan memasak sebagai berikut, dikutip dari laman BuzzFeed, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga

- Buat perencanaan menu

Membuat perencanaan akan makan apa dalam sepekan membuat biaya berbelanja bisa diprediksi sebelumnya. Ini juga membuat penganggaran saat belanja bahan makanan jadi terkendali, berbeda dengan memasak tanpa perencanaan sebelumnya.

Bagi yang sudah berkeluarga, merancang menu dalam sepekan bisa melibatkan anggota keluarga yang lain untuk menyesuaikan selera. Setelah perencanaan dibuat, saat belanja bahan makanan cukup dengan melihat daftar menu selama sepekan dan bisa memilih bahan makanan yang sesuai.

 

- Hari tanpa daging

Tidak ada salahnya menetapkan hari dalam sepekan tidak menyantap daging. "Puasa daging" hanya sekali atau beberapa hari sepekan juga tidak akan membuat seseorang kekurangan nutrisi esensial. Menyantap menu nabati tentunya bisa menghemat sejumlah uang.

 

- Mengolah makanan sisa

Makanan yang tersisa di pengujung hari seperti lauk yang tidak habis atau sepiring nasi ekstra bisa dihangatkan kembali untuk hari berikutnya. Atau, makanan itu bisa diolah menjadi hidangan lain, bahkan bisa cukup untuk makan siang keesokan harinya.

 

- Belanja produk beku

Sebagian orang mungkin mendapati produk segar yang sudah dibeli di pasar lekas memburuk kondisinya. Di satu sisi, mereka yang sibuk tidak bisa berbelanja setiap hari untuk mendapatkan produk segar untuk dimasak.

Sebagai solusinya, bisa memilih produk beku untuk sejumlah bahan pangan, seperti buah dan sayuran beku. Manfaatkan juga freezer untuk membuat bahan makanan seperti ikan dan daging punya masa simpan lebih lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement