Kamis 27 Jul 2023 14:05 WIB

Praktikkan Frugal Living, Ini 6 Kiat Hemat Saat Belanja Makanan

Ada trik yang bisa digunakan untuk mengurangi biaya belanja makanan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Seorang wanita tampak berbelanja di supermarket. Ada trik sederhana yang bisa membantu mengurangi pengeluaran saat belanja bahan makanan/ilustrasi
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Seorang wanita tampak berbelanja di supermarket. Ada trik sederhana yang bisa membantu mengurangi pengeluaran saat belanja bahan makanan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kenaikan harga berbagai bahan makanan membuat keluarga lebih sulit untuk tetap berpegang pada anggaran belanja yang ketat. Kabar baiknya, ada sejumlah trik yang dapat digunakan keluarga untuk memangkas biaya saat berbelanja bahan makanan.

"Beberapa hal dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga biaya tetap rendah. Tidak berarti harus berkompromi pada hal-hal yang Anda dan keluarga sukai," ungkap pakar konsumen daring dari NetVoucherCodes.co.uk, Rebecca Bebbington.

Baca Juga

Berikut sejumlah trik untuk menekan biaya saat berbelanja bahan makanan, dikutip dari laman Birmingham Mail, Kamis (27/7/2023).

 

1.Buat daftar belanja

Metode sederhana ini selalu efektif untuk penghematan, sebab menuliskan daftar belanja akan memungkinkan keluarga "tetap di jalur" ketika saatnya membeli bahan makanan. Daftar ini membuat keluarga hanya membeli apa yang dibutuhkan alih-alih meletakkan berbagai produk ke troli tanpa perencanaan.

 

2.Perencanaan menu

Agar lebih hemat, keluarga bisa menggagas perencanaan menu dalam sepekan sehingga anggaran belanja pun bisa diatur. Sejumlah hidangan kemudian bisa langsung dimasak sekaligus dan disimpan dalam freezer, lalu dipanaskan saat akan disantap.

 

3.Beli sekaligus

Jika ada bahan makanan yang pasti dibutuhkan terus-menerus dan awet disimpan dalam waktu lama, lebih bijaksana untuk membelinya dalam jumlah banyak sekaligus. Tidak perlu khawatir tentang pemborosan sebab bahan makanan itu tetap akan dikonsumsi jangka panjang. Cara ini justru akan menghemat pengeluaran.

 

4.Perhatikan waktu berbelanja

Ada beberapa waktu ketika pelanggan bisa mendapat harga miring ketika belanja di supermarket. Misalnya, ada pasar swalayan yang banyak menawarkan diskon dalam tiga hari terakhir dalam sepekan. Ada juga yang memberi potongan harga di malam hari atau Ahad sore.

 

5.Cermati skema hadiah

Banyak supermarket menawarkan skema hadiah, misalnya pelanggan bisa mendapatkan jumlah poin tertentu saat berbelanja. Mencermati skema ini bisa menekan pengeluaran saat membeli sejumlah bahan makanan dengan cara penukaran poin.

 

6.Pesan secara daring

Memanfaatkan layanan pesan-antar secara daring bisa menghemat uang dan waktu. Sebagian besar supermarket sudah menawarkan layanan ini, dan belanjaan akan langsung diantarkan ke rumah. Terkadang, ada berbagai diskon menarik yang ditawarkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement