Jumat 21 Apr 2023 07:13 WIB

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menerima Tamu di Dapur

Banyak orang percaya bahwa dapur adalah jantung dari rumah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Menjamu tamu di dapur (ilustrasi). Ada beberapa kesalahan yang kerap orang lakukan ketika menjamu tamu di dapur.
Foto: www.freepik.com
Menjamu tamu di dapur (ilustrasi). Ada beberapa kesalahan yang kerap orang lakukan ketika menjamu tamu di dapur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengundang keluarga atau sahabat bersantap bersama di rumah dan menyajikan jamuan di meja makan dapur tentunya sah-sah saja. Terlebih, banyak orang percaya bahwa dapur adalah jantung dari rumah. Namun, tetap ada berbagai hal yang perlu disiapkan.

"Terkadang tidak ada cukup ruang untuk menampung semua makanan, hidangan penutup, dan tamu di satu area yang padat," kata Renee Hundley dan Kim Pewsey, pemilik studio desain interior Dream Nest Homes. Berikut enam kesalahan umum lainnya saat menjamu tamu di dapur, dikutip dari laman Best Life, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga

1. Menyiapkan makanan di depan tamu

Ada baiknya makanan disiapkan sebelum tamu datang, bukan disiapkan di hadapan mereka. Menurut Hundley dan Pewsey, tuan rumah juga tidak disarankan masih sibuk memasak atau masih menata makanan di meja saat tamu sudah tiba.

 

Saat tuan rumah sibuk dengan itu semua, para tamu mungkin merasa diabaikan dan tidak bisa leluasa mengobrol. Selain itu, aroma makanan yang sedang dimasak bisa saja kurang diterima, seperti aroma pedas dari bumbu yang ditumis di atas kompor.

2. Tidak memperhatikan pantangan makanan

Sangat penting untuk mengetahui pantangan makanan para tamu atau alergi yang mungkin mereka idap. Perencana acara eksekutif di Meredith Events, Meredith Corning, menyarankan untuk mencantumkan pertanyaan terkait itu saat mengirimkan undangan jamuan.

"Ini akan memastikan bahwa tuan rumah dapat mengakomodasi intoleransi gluten, penganut vegan atau vegetarian, atau segudang persyaratan diet lainnya yang mungkin dimiliki tamu," ujar Corning.

3. Mengira tamu dapat menghibur diri sendiri

Tamu datang ke rumah seseorang untuk menghabiskan waktu bersama sang pengundang. Jika berencana menjadi tuan rumah, pastikan sudah menyiapkan cara untuk membuat tamu tetap terhibur. Misalnya, memberikan pilihan permainan papan atau bermain di halaman jika cuaca mendukung. Menyetel musik juga bisa membantu menghidupkan suasana.

4. Meja yang penuh sesak

Kesalahan lain saat menjamu tamu di dapur adalah membiarkan meja penuh sesak dengan barang-barang dekoratif atau fungsional. Padahal, itu dapat memengaruhi kenyamanan tamu, juga memunculkan hambatan untuk komunikasi dan interaksi.

5. Tidak mengatur tempat duduk

Meskipun menerima tamu dalam jumlah sedikit di dapur, pengaturan kursi tetap perlu untuk memastikan semua tamu mendapat tempat duduk yang nyaman. Pertimbangkan menyiapkan kursi tambahan untuk konter atau kursi lipat untuk meja.

6. Tidak melibatkan tamu

Hanya karena Anda adalah tuan rumahnya, bukan berarti Anda harus melakukan semuanya sendiri. Jika tamu bertanya apa yang bisa mereka bawa, jangan sungkan memberi tahu mereka apa yang dibutuhkan untuk melengkapi acara. Mendelegasikan tugas sederhana kepada tamu juga tidak salah, seperti minta tolong membersihkan meja bersama. Kebanyakan orang akan senang membantu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement