Kamis 24 Aug 2023 15:36 WIB

Barbie Diprediksi Jadi Film Terlaris 2023 di Amerika Serikat

Barbie hampir melampaui rekor box office yang sebelumnya milik The Super Mario Bros.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Barbie (2023). Film Barbie diprediksi menjadi film terlaris 2023 di Amerika Serikat.
Foto: Dok Warner Bros. Pictures
Salah satu adegan di film Barbie (2023). Film Barbie diprediksi menjadi film terlaris 2023 di Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Barbie arahan sutradara Greta Gerwig diprediksi menjadi sinema terlaris 2023 di Amerika Serikat. Itu karena film Barbie sudah hampir menyusul dan melampaui rekor box office yang sebelumnya dimiliki film The Super Mario Bros Movie

Barbie diprediksi mengumpulkan pendapatan sebesar 574,2 juta dolar AS (Rp 8,757 triliun) di box office Amerika Serikat pada Rabu (23/8/2023). Sementara, pendapatan The Super Mario Bros Movie yang tayang April silam di AS sebesar 574 juta dolar AS (Rp 8,754 triliun).  

Baca Juga

Ini jadi hal baik bagi Warner Bros, sebab film lain besutan studio tersebut, yakni Blue Beetle, pekan ini juga merajai box office AS. Dengan pendapatan Barbie yang terus bertambah, menandai untuk pertama kalinya sejak tahun 2011, karya Warner Bros menjadi film terlaris tahunan di AS. 

Dilansir laman MovieWeb, Kamis (24/8/2023), sinema besutan Warner Bros terakhir yang menjadi film terlaris tahunan adalah Harry Potter Potter and the Deathly Hallows: Part 2 yang rilis 2011. Artinya, pencapaian itu sudah 12 tahun yang lalu dan baru berulang sekarang. 

Meskipun Barbie terpantau akan melewati pendapatan The Super Mario Bros Movie di box office AS, penghasilannya di bioskop internasional dan secara global masih kalah. Di negara-negara selain AS, The Super Mario Bros Movie telah menghasilkan 784 juta dolar AS (Rp 11,95 triliun). Sementara, pendapatan Barbie di negara-negara selain AS sebesar 714 juta dolar AS (Rp 10,88 triliun). 

Secara keseluruhan, pendapatan global The Super Mario Bros Movie sebesar 1,36 miliar dolar AS (Rp 20,74 triliun). Sebagai perbandingan, pendapatan Barbie "baru" sebesar 1,28 miliar dolar AS (Rp 19,52 triliun). Memang, tidak mustahil Barbie masih bisa menyalip. 

Pengamat box office menyoroti bahwa Barbie cukup cepat mencapai angka 574,2 juta dolar AS di bioskop AS, jika dibandingkan dengan The Super Mario Bros Movie. Sinema besutan Nintendo itu membutuhkan waktu 138 hari untuk mencapai angka final, sementara Barbie hanya membutuhkan waktu 34 hari dan masih bisa terus bertambah. Itu bahkan lebih cepat daripada Top Gun: Maverick yang butuh 40 hari untuk menghasilkan jumlah uang yang sama pada 2022. 

Greta Gerwig kini menjadi satu-satunya sutradara perempuan yang mengarahkan film bernilai miliaran dolar tanpa bantuan sutradara pria. Memang ada dua film yang disutradarai oleh sineas perempuan yang pendapatannya lebih besar di box office global, tapi proses penyutradaraannya merupakan kerja sama sutradara laki-laki dan perempuan. 

Itu adalah film animasi Frozen dan sekuelnya, Frozen II. Kedua sinema tersebut disutradarai oleh sutradara Jennifer Lee dan Chris Buck. Berdasarkan data Box Office Mojo, pendapatan global film Frozen sebesar 1,284 miliar dolar AS (Rp 19,57 triliun) dan Frozen II senilai 1,453 miliar dolar AS (Rp 22,15 triliun). 

Jika nanti Barbie melampaui dua film itu, Gerwig akan mendapatkan klaim tunggal atas pencapaian film miliaran dolar yang dibuat oleh seorang sutradara perempuan. Sinema Barbie saat ini akan memasuki akhir pekan keenamnya di box office, dan film akan tersedia dalam bentuk digital mulai 5 September 2023. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement