Selasa 22 Aug 2023 13:45 WIB

Pasien Kanker Perlu Booster Covid-19 Lebih Sering, Ini Manfaatnya

Pasien dengan gangguan sistem imun disarankan menerima suntikan booster Covid-19.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bagi pasien yang sistem kekebalannya terganggu oleh kanker atau terapi kanker, ketakutan akan infeksi virus Covid-19 dan penyakit parah tetap sangat nyata./ilustrasi
Foto: www.freepik.com
Bagi pasien yang sistem kekebalannya terganggu oleh kanker atau terapi kanker, ketakutan akan infeksi virus Covid-19 dan penyakit parah tetap sangat nyata./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bagi banyak orang, ancaman pandemi Covid-19 sepertinya sudah berakhir. Namun, bagi pasien yang sistem kekebalannya terganggu oleh kanker atau terapi kanker, ketakutan akan infeksi virus Covid-19 dan penyakit parah tetap sangat nyata.

Saat ini, panduan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan pasien dengan gangguan sistem imun menerima suntikan booster Covid-19 "sesuai kebutuhan". Meskipun fleksibilitas ini berguna untuk pasien dengan kondisi medis yang kompleks, panduan yang lebih spesifik masih kurang tentang kapan peningkatan Covid-19 tambahan akan paling efektif.

Baca Juga

Penelitian baru yang dipimpin oleh para ilmuwan di Yale University dan University of North Carolina di Charlotte, menyatakan tingkat kebutuhan booster tambahan Covid-19 untuk pasien kanker, menurut para peneliti, bergantung pada pengobatan yang mereka terima.

Studi yang diterbitkan 21 Agustus dalam Journal of National Cancer Institute, menghitung kemungkinan infeksi jangka panjang di masa depan di antara pasien kanker yang menjalani berbagai terapi umum setelah mereka menerima suntikan penguat vaksin Pfizer yang diperbarui.

Menurut penelitian, peningkatan boosting pada pasien kanker memberikan manfaat yang serupa dengan yang diperoleh pasien non-kanker. Studi tersebut memperkirakan bahwa satu dari setiap tiga orang yang tidak melakukan boosting akan terinfeksi dalam waktu dua tahun. Sebaliknya, meningkatkan setiap enam bulan mengurangi risiko itu menjadi satu dari 20.

“Ternyata sebagian besar pasien kanker terlindungi hampir sama dengan populasi non-kanker oleh peningkatan Covid-19. Tetapi ada pengecualian besar,” kata Jeffrey Townsend, penulis utama studi, profesor, Yale School of Public Health, seperti dikutip dari News Medical, Selasa (22/8/2023).

“Beberapa terapi kanker secara langsung menyerang sel-sel kekebalan," kata salah satu pemimpin penelitian Alex Dornburg, asisten profesor di University of North Carolina di Charlotte. 

Hal ini bagus untuk melawan kanker darah seperti beberapa limfoma, tetapi kematian sel kekebalan juga membuka jendela tidak hanya untuk infeksi Covid-19, tetapi untuk infeksi parah.

Untuk pasien kanker yang terapinya berdampak langsung pada respons kekebalan, frekuensi peningkatan yang jauh lebih tinggi bisa sangat bermanfaat, kata para peneliti. Dengan peningkatan tahunan, satu dari setiap tiga pasien yang menjalani terapi ini masih rentan tertular Covid-19 dalam dua tahun tanpa intervensi lain. Meningkatkannya setiap tiga bulan mengurangi risiko ini hampir setengahnya, menurut studi tersebut. "Ketakutan akan Covid-19 yang parah tidak terbatas pada pasien kanker,” kata Dornburg. 

Peneliti berharap dapat mengembangkan analisis serupa yang memberikan panduan untuk melindungi pasien lain yang sangat rentan. Pendanaan untuk penelitian ini disediakan oleh National Science Foundation. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement