Ahad 20 Aug 2023 12:05 WIB

Hanya dengan Rutin Naik Tangga, Anda Bisa Terhindar dari 9 Jenis Kanker Mematikan

Masyarakat diserukan untuk meningkatkan kebugarannya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan naik tangga (Ilustrasi). Naik tangga secara teratur juga bermanfaat untuk kebugaran.
Foto: Albert Huwa/Perhimpunan Amatir Foto
Perempuan naik tangga (Ilustrasi). Naik tangga secara teratur juga bermanfaat untuk kebugaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi menemukan bahwa menjaga kebugaran tubuh dapat membantu melindungi seseorang dari setidaknya sembilan jenis kanker. Jantung dan paru-paru yang lebih sehat dan kuat antara usia 16 dan 25 tahun telah dikaitkan dengan kemungkinan lebih rendah terkena tumor leher, tenggorokan, pankreas, hati, usus, ginjal, atau paru-paru di usia paruh baya.

Dalam kasus terbaik, risiko kanker paru-paru pada orang yang bugar adalah 42 persen lebih rendah daripada orang yang tidak sehat. Hasil studi ini semakin mempertegas pentingnya aktivitas fisik.

Baca Juga

Seseorang dapat meningkatkan kebugaran mereka dengan berjalan cepat, jogging, bersepeda, dan berenang. Bahkan, menaiki tangga secara teratur juga bermanfaat.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebugaran yang lebih tinggi pada pria muda yang sehat dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terkena 10 dari 18 jenis kanker yang diteliti. Penelitian ini diharapkan bisa memotivasi anak muda untuk meningkatkan kebugaran mereka," kata Dr Aron Onerup dari University of Gothenburg, Swedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement