Jumat 18 Aug 2023 10:01 WIB

RM BTS Dikritik karena Bagikan Lagu yang Diduga Berunsur Islamofobia

RM BTS membagikan lagu berjudul ‘Bad Religion’ karya Frank Ocean.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu member BTS, RM. RM dikritik karena membagikan lagu Bad Religion yang diduga berunsur Islamofobia.
Foto: Dok BigHit Music
Salah satu member BTS, RM. RM dikritik karena membagikan lagu Bad Religion yang diduga berunsur Islamofobia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah seorang member BTS, RM, menghadapi kritikan setelah membagikan lagu yang diduga mengandung unsur Islamofobia. Masalah ini bermula ketika pada 16 Agustus, leader BTS itu membagikan lagu “Bad Religion” ke Instagram Story-nya.

Lagu yang dibagikan berjudul "Bad Religion" yang merupakan bagian dari album studio debut musisi Franck Ocean, Channel Orange. Frank Ocean adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan rapper asal Amerika Serikat yang musiknya disukai secara universal dan diterima dengan baik oleh para pendengar dan kritikus. Bahkan, mereka yang tidak mendengarkan musiknya, kemungkinan besar akrab dengan meme dan konten lain tentangnya.

Baca Juga

Seperti banyak lagunya yang lain, "Bad Religion" fokus utamanya membahas tentang cinta. Secara khusus, Frank Ocean berbagi pengalaman tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan dengan seorang sopir taksi. Ketika lagu ini dirilis, beberapa baris dari ref lagu ini menarik perhatian dan memicu perdebatan karena menggunakan kalimat suci umat Islam.

Berikut adalah lirik yang dimaksud:

 

“And you say Allahu Akbar. I told him, Don’t curse me. Bo Bo, you need prayer. I guess it couldn’t hurt me. If it brings me to my knees, it’s a bad religion”.

Bagi umat Islam, Allahu Akbar mengandung arti ungkapan penetapan akan keagungan dan kebesaran Allah SWT dan tidak ada yang melebihi kebesarannya. Kalimat ini juga sering kali dilafalkan sebagai zikir seusai ibadah sholat.

Adapun tanggapan Frank Ocean dalam lirik tersebut, yang mengatakan “don’t curse me” atau jangan kutuk aku, telah ditafsirkan luas oleh pendengar. Banyak yang menilai Ocean sedang menebarkan Islamofobia.

Lirik selanjutnya yang mengatakan "If it brings me to my knees, it’s a bad religion” (Jika itu membuat saya berlutut, itu adalah agama yang buruk), juga menimbulkan perasaan yang campur aduk, karena banyak agama seperti Islam yang mengharuskan berdoa dengan berlutut. Ini juga dimaksudkan untuk memiliki makna ganda, karena “bad religion” (agama yang buruk) diperjelas dalam outro lagu.

"It’s a, it’s a bad religion. To be in love with someone. Who could never love you. Oh, oh, oh, only bad, only bad religion. Could have me feeling the way I do".

Menghina Islam terang-terangan? ...

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement