Kamis 17 Aug 2023 11:45 WIB

Pecah, Penampilan Spesial Putri Ariani Bawakan 'Rungkad' Buat Istana Negara Bergoyang

Putri Ariani sebelumnya membawakan Melati Suci.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Putri Ariani tampil di perayaan HUT ke-78 RI di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8/2023).
Foto: Dok Youtube/Sekretariat Presiden
Penyanyi Putri Ariani tampil di perayaan HUT ke-78 RI di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Putri Ariani membuat Istana Negara bergoyang pada penampilan spesial di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Peringatan RI di Jakarta, Kamis (17/8/2023). Suasana yang "pecah" itu muncul ketika Putri membawakan lagu "Rungkad".

Tembang "Rungkad" ciptaan Vicky Tri Prasetyo dikenal meluas setelah dipopulerkan oleh pedangdut Happy Asmara. Pada persembahan spesial di Istana Negara, Putri Ariani menyanyikan tembang itu sebagai lagu kedua, sambil duduk memainkan piano.

Putri yang mengenakan pakaian adat tradisional bernuansa merah keemasan itu menyanyikan "Rungkad" dengan suaranya yang indah dan penuh tenaga. Meski lirik lagu "Rungkad" sebenarnya mengekspresikan kesedihan, banyak tamu langsung bersemangat mendengarnya.

Sebagian segera beranjak dari kursi masing-masing dan memenuhi area pentas dan ikut bergoyang. Sementara, Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo tetap duduk di kursinya, namun terlihat asyik menikmati irama musik.

 

Sebelum lagu "Rungkad", Putri yang hadir didampingi ayah dan ibunya menyanyikan lagu pertama "Melati Suci" dengan khidmat. Berbeda dengan lagu "Rungkad", ketika menyimak Putri melantunkan tembang itu beriring piano dan musik dari Gita Bahana Nusantara, suasana amat hening dan syahdu.

Merdunya suara Putri dan makna mendalam dari lagu itu membuat siapa pun yang mendengarnya akan merasa merinding. Di salah satu kursi, terlihat sosok Guruh Sukarno Putra sang pencipta lagu. Dia tampak mengangguk-angguk, seolah puas dengan cara Putri membawakan lagu karyanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement