Kamis 17 Aug 2023 06:33 WIB

Kena Flu atau Covid-19 Varian Eris? Cara Simpel Ini Bisa Bantu Membedakannya

Gejala Covid-19 akibat varian Eris mirip dengan gejala flu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang perempuan berbaring di tempat tidur sambil mengelap hidungnya. Gejala Covid-19 akibat varian Eris mirip dengan gejala flu
Foto:

Orang yang terkena flu biasanya mulai merasa lebih baik setelah sekitar satu pekan. Di masa ini, mereka mungkin hanya merasakan keluhan-keluhan sisa, seperti rasa lelah.

"Sebagian besar orang dengan Covid-19 akan mengalami gejala ringan dan mulai merasa lebih baik setelah beberapa pekan," kata Kanani.

photo
Varian Eris - (Republika)

Untuk mempercepat proses pemulihan saat terkena flu atau Covid-19, Kanani mengatakan ada beberapa hal yang dapat dilakukan pasien. Sebagian di antaranya adalah banyak beristirahat dan minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

"Air putih adalah yang terbaik. Minum yang cukup sampai urin Anda terlihat berwarna kuning terang dan jernih," ujar Kanani.

Untuk meringankan gejala, pasien flu atau Covid-19 juga dapat meminum obat bebas seperti parasetamol. Selain itu, pasien yang sedang bergejala dianjurkan untuk berdiam diri di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain sebisa mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement