Jumat 11 Aug 2023 07:08 WIB

Berkaca dari Kasus Covid-19 di Inggris, Akankah Varian Eris Jadi Lebih Mengkhawatirkan?

Varian Arcturus masih mendominasi Inggris, disusul varian Eris.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Nyeri tenggorokan menjadi gejala utama Covid-19 akibat varian Eris.
Foto: www.pixabay.com
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Nyeri tenggorokan menjadi gejala utama Covid-19 akibat varian Eris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa pekan ke depan, status keganasan atau kedaruratan yang dapat ditimbulkan varian Eris akan terlihat dari peningkatan kasus Covid-19 di Inggris. Terlebih, pada September, anak-anak akan kembali ke sekolah dan interaksi masyarakat semakin intens di ruang tertutup.

"Jika kasusnya meningkat, rawat inap meningkat lebih cepat dari yang diperkirakan atau bertahan lebih lama dari biasanya, maka tindakan

Baca Juga

tindakan proaktif yang lebih baik kemungkinan akan diperlukan," kata Dosen Utama Kesehatan Masyarakat University of Bedfordshire, Dr Chris Papadopoulos, dikutip dari Express, Jumat (11/8/2023).

Varian baru SARS-CoV-2, yakni EG.5.1 alias Eris, saat ini kasusnya tengah meningkat di Inggris. Turunan dari varian Omicron ini pertama kali terdeteksi di Inggris pada 31 Juli 2023 lalu, dan sekarang tercatat menyumbang satu dari 10 kasus Covid-19.

 

Menurut The UK Health Security Agency, varian Arcturus masih menjadi strain yang paling umum di Inggris hingga saat ini. Kasusnya berbeda dengan di Amerika Serikat, di mana dominasi Arcturus telah tergantikan oleh Eris.

Meskipun tidak menempati posisi utama di Inggris, Dr Papadopoulos mendesak bahwa kewaspadaan masih sangat penting. Secara historis, kurva peningkatan epidemi cenderung stabil, dan menurun sekitar enam hingga delapan pekan setelah permulaannya.

"Jika kita tidak mengamati tren ini dengan varian Eris, terutama jika tingkat rawat inap meningkat secara bersamaan, maka akan ada lebih banyak yang perlu dikhawatirkan," ujar dia.

 

Meski begitu, Dr Papadopoulos menyebut bahwa masyarakat tidak perlu terlalu khawatir untuk saat ini. Meski kemunculan Eris patut diwaspadai, tingkat kasus Covid-19 secara keseluruhan saat ini tetap cukup rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement