Senin 07 Aug 2023 22:50 WIB

Penjaga Warkop Sukses Bikin Podcast Horor di Noice, Punya 70 Ribu Subscribers

Penjaga warkop ini tak menyangka banyak yang mendengarkan Podcast Horror Night Story.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Mikrofon yang sering digunakan untuk podcast (ilustrasi). Penjaga warkop di Sidoarjo memiliki podcast yang berisi kisah-kisah horor. Podcast tersebut memiliki hampir 70 ribu subscribers di Noice.
Foto: www.freepik.com.
Mikrofon yang sering digunakan untuk podcast (ilustrasi). Penjaga warkop di Sidoarjo memiliki podcast yang berisi kisah-kisah horor. Podcast tersebut memiliki hampir 70 ribu subscribers di Noice.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform konten audio streaming lokal Noice mencatat genre horor sebagai satu dari tiga genre konten terfavorit dan terbanyak didengarkan oleh para penggunanya. Semakin banyak konten kreator yang tertarik mengeksplorasi konten bergenre horor ataupun thriller di Indonesia.

Zulfikar misalnya, kreator konten asal Sidoarjo yang juga akrab dikenal dengan nama Chow Sing Sing ini menghadirkan kontennya yang berjudul "Podcast Horror Night Story" di aplikasi Noice dan saat ini telah memiliki lebih dari 600 episode. Di sela-sela kesibukannya menjaga sebuah warung kopi (warkop) sederhana di kota Sidoarjo dan menjadi pekerja lepas atau freelancer, Zulfikar menyempatkan diri untuk serius menggarap sebuah podcast horor miliknya, yang saat ini telah memiliki basis pendengar besar dengan total hampir 70 ribu subscribers di aplikasi Noice dan channel Youtube-nya. 

Baca Juga

Zulfikar mengatakan, dia membuat podcast karena menyukai konten horor dan ingin agar cerita-cerita seram khas lokal ini bisa didengar oleh banyak orang. Ia pun tidak menyangka jika ternyata banyak yang mendengarkan Podcast Horror Night Story. 

"Membuat podcast menjadi salah satu cara saya untuk melepas penat dan menyalurkan hobi yang sangat saya nikmati, setelah seharian sibuk dengan rutinitas sebagai freelancer dan menjaga warkop,” kata Zulfikar seperti dikutip dari siaran pers, Senin (7/8/2023).

Podcast Horror Night Story telah menarik antusiasme yang cukup tinggi dari para penikmat konten horor karena pembawaan cerita di tiap episode yang dinilai menarik karena tidak hanya fokus pada cerita horor yang dibawakan, tetapi juga adanya opini atau komentar santai yang dilontarkan oleh Zulfikar sebagai host untuk memberikan rasa yang lebih personal bagi pendengarnya. 

Indonesia sangat dekat dengan kisah horor dari kultur dan klenik di berbagai daerah. Hal ini menjadi salah satu alasan kuat kenapa banyak masyarakat yang tertarik dengan genre horor. Saat dinikmati dalam format audio, konten horor memicu sensasi berbeda yang lebih menegangkan.

Selain karena memacu adrenalin, konten horor dalam format audio menghadirkan theatre of mind, lewat efek suara serta narasi horor dari sebuah konten yang akan membangkitkan beragam imajinasi di benak setiap orang berdasarkan suara yang mereka dengarkan.

“Noice memberi kemudahan bagi saya sebagai konten kreator untuk bisa mengembangkan podcast ini dengan dukungan mentoring, promosi hingga monetisasi lewat konten VIP. Kedepannya, saya ingin bisa lebih konsisten lagi dalam memproduksi konten dan fokus meningkatkan kualitas serta kuantitas podcast ini,” kata Zulfikar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement