REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform podcast streaming, Noice, memperkenalkan program Cuan di Noice yang bertujuan mendukung para konten kreator di Tanah Air untuk bisa tumbuh dan hidup dari karya mereka melalui monetisasi konten. Hadirnya program ini dilatarbelakangi ketertarikan masyarakat Indonesia dalam membeli konten digital yang kian meningkat khususnya di kalangan Gen Z dan milenial.
Berdasarkan laporan We Are Social dan Hootsuite, Indonesia menempati peringkat ke-27 di dunia dengan persentase pengguna internet yang membeli konten digital sebanyak 66,9 persen. Sejalan dengan hal tersebut, pertumbuhan yang signifikan untuk penjualan konten digital juga terjadi di aplikasi Noice. Sejak fitur monetisasi dalam bentuk konten berbayar (VIP) diluncurkan bagi seluruh konten kreatornya sejak awal tahun 2023 lalu, Noice telah meraih satu juta transaksi konten VIP dengan lebih dari 100 ribu transacting unique users.
“Melihat pertumbuhan fans-economy yang sangat positif sejak awal skema monetisasi Noice diluncurkan, kami sangat tertarik memperkenalkan program Cuan di Noice lebih luas lagi agar lebih banyak kreator di Indonesia bisa mendapatkan keuntungan dari monetisasi karya mereka. Program ini terbuka untuk semua kreator dengan berbagai genre konten, tidak hanya komedi, tapi juga horor, bahkan bisnis, investasi, dan edukasi.” kata Chief Business Officer Noice, Niken Sasmaya, dalam keterangan tertulis, Jumat (27/9/2024).
Niken menjelaskan Noice memberi peluang berkreasi bagi para konten kreator untuk memonetisasi konten mereka dalam berbagai format, tidak hanya dalam bentuk podcast, namun format lainnya seperti audio story bahkan sebuah event yang dikonversi ke konten on-demand.
“Itu semua terbukti memiliki audiensnya tersendiri yang tertarik untuk membeli konten tersebut sebagai bentuk apresiasi mereka kepada para kreator favoritnya,” kata Niken.
Program Cuan di Noice menghadirkan berbagai dukungan komprehensif bagi seluruh konten kreator untuk bisa memonetisasi konten mereka di aplikasi Noice dengan berbagai cara mulai dari menjual konten VIP, konten early access, penyelenggaraan event hingga memfasilitasi mereka lewat kolaborasi dengan brand atau pengiklan.
Deretan konten kreator yang sudah berkolaborasi dengan Noice untuk menghadirkan konten premium mereka antara lain Podcast Kementerian Kegelapan oleh Bung Rin, Podcast Malam Kliwon (PMK) oleh Bimoky dan Dhanu, Detektif Astral, Podcast Awal Minggu dari Adriano Qalbi, Podkesmas, David Noah lewat event Future Wealth Builder (FWB), Timothy Ronald lewat konten audio story ‘The Crypto Millionaire’ dan banyak lainnya.
David Noal Lizal selaku CEO Fortis Holdings, mengungkapkan bahwa saat dia langsung tertarik saat pertama kali diajak berkolaborasi dengan Noice untuk membuat konten seputar investasi dan saham. Ia pun akhirnya membuat acara Future Wealth Builder (FWB) yang melibatkan banyak expert di bidangnya seperti Andry Hakim, Aldies Sageri, Melvin Hade, Anthony Tjipto dan banyak lainnya.
Selain meraih antusias yang tinggi dari peserta, kata David, Noice juga memberikan kemudahan bagi kami untuk memperluas jangkauan konten ini dengan rekaman Video on Demand (VOD). “Konten on-demand yang dikonversi dari sebuah event memberikan nilai tambah yang berbeda bagi para penyelenggara event untuk bisa mendapatkan extra revenue dari event yang mereka buat sekaligus meningkatkan awareness event mereka dengan lebih luas lagi,” kata David Noah.