Senin 07 Aug 2023 11:09 WIB

10 Gejala Umum Demensia Alzheimer

Penting untuk mengetahui gejala Alzheimer sedari awal.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Penderita Alzheimer (lustrasi). Mengetahui gejala-gejala Alzheimer sedari awal sangat penting, supaya penanganan bisa segera dilakukan.
Foto: Republika
Penderita Alzheimer (lustrasi). Mengetahui gejala-gejala Alzheimer sedari awal sangat penting, supaya penanganan bisa segera dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia. Selama sakit berlangsung, zat kimia dan struktur otak berubah, sehingga menyebabkan kematian sel-sel otak. Itulah mengapa kemampuan mereka untuk mengingat, memahami, berkomunikasi, dan berpikir secara bertahap pun akan menurun.

Pendiri Alzheimer Indonesia (ALZI), DY Suharya, mengatakan bahwa mengetahui gejala-gejala Alzheimer sedari awal sangat penting, supaya penanganan bisa segera dilakukan. Sebagai panduan, berikut 10 gejala umum demensia Alzheimer menurut ALZI.

Baca Juga

1. Gangguan daya ingat

Penderita Alzheimer biasanya sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi, lupa dengan janji, serta menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali. Kejadian lupa ini terjadi dalam frekuensi tinggi.

2. Sulit fokus

Sulit melakukan aktivitas, pekerjaan sehari-hari, lupa cara memasak, mengoperasikan telepon, ponsel, tidak bisa melakukan perhitungan sederhana, hingga bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

3. Sulit melakukan kegiatan yang familiar

Sering kali penderita sulit merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari, bingung cara mengemudi, hingga sulit mengatur keuangan.

4. Disorientasi

Bingung akan waktu, hari atau tanggal penting, bingung di mana mereka berada dan bagaimana mereka bisa sampai di sana.

"Yang paling sederhana itu misalnya pasien lupa arah pulang, padahal dia hanya berjalan-jalan di area kompleks rumah sendiri," kata DY Suharya dalam konferensi pers perayaan 10 tahun ALZI di Unika Atmajaya, Jakarta, Sabtu (5/8/2023).

5. Kesulitan memahami visuospasial

Sulit untuk membaca, mengukur jarak, menentukan jarak, membedakan warna, tidak mengenali wajah sendiri di cermin, menabrak cermin saat berjalan, hingga menuangkan air di gelas namun tumpah dan tidak tepat menuangkannya.

6. Gangguan berkomunikasi

Penderita Alzheimer biasanya menunjukkan gejala kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat. Sering kali, ia berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement