Senin 07 Aug 2023 08:53 WIB

Hijarbie, Boneka Barbie Berhijab Kembali Ramaikan Instagram

Hijarbie dibuat oleh seniman Nigeria, Haneefah Adam.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
 Hijarbie, boneka Barbie berhijab karya seniman Nigeria, Haneefah Adam.
Foto: Dok Instagram/hijarbie
Hijarbie, boneka Barbie berhijab karya seniman Nigeria, Haneefah Adam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang seniman Nigeria bernama, Haneefah Adam, memperkenalkan boneka Hijarbienya ke masyarakat dunia. Hijarbie adalah boneka Barbie berhijab yang merayakan budaya Muslim.

Setelah sempat vakum selama enam tahun, Adam kembali bersamaan dengan perilisan film Barbie. Dia kemudian mengunggah foto tampilan Barbie mengenakan tampilan serba-pink yang imut.

Baca Juga

"#Hijarbie telah kembali," kata Adam dalam akun @hijarbie yang membuat penggemarnya terkejut.

Pada 2015, Adam mulai memajang boneka berbusana Muslimah karena frustrasi dengan kelangkaan konten modest fashion dan jilbab di media sosial. Sebelumnya, Adam membuat blog tentang masakan, agama, dan mode.

Adam sering menjelajahi Instagram untuk mencari inspirasi. Namun, suatu saat dia sadar tidak ada boneka yang mirip dengannya sebagai Muslimah.

Akhirnya, Adam memutuskan untuk mendandani bonekanya dengan jilbab hitam, rok maxi biru tua, dan atasan biru. Dia mulai mengunggah foto bonekanya pada Desember 2015.

Adam mendapat tanggapan positif dari warganet. Bahkan, beberapa di antaranya menanyakan tempat untuk membeli pakaian ramah Muslimah itu. Kemudian dia menciptakan tampilan yang terinspirasi oleh abaya biru cornflower yang dikenakan oleh Muslimah di Inggris dan pengaruh mode Habiba da Silva.

Karya Adams itu yang memicu perhatian media, termasuk liputan di Teen Vogue. Setelah tujuh tahun, kini Adam memiliki 60 ribu pengikut dan lebih dari 200 foto yang telah diunggah di akun Instagram Hijarbie.

Adam telah menciptakan lebih dari 70 pakaian yang merayakan mode dan budaya Muslim serta berbagai boneka yang dibuat berdasarkan Muslimah terkenal. Bulan lalu, dia kembali ke Hijarbie setelah istirahat untuk fokus pada urusan keluarganya.

Setelah film Barbie tayang, Adam merasa termotivasi untuk kembali berkarya dan menghidupkan akun Hijarbie.

"Barbie telah menciptakan fenomena baru, merayakan feminitas, kemandirian, dan kekuatan perempuan," ucap Adam, dikutip dari Indian Express, Senin (7/8/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement