Kamis 03 Aug 2023 22:50 WIB

Telinga Kemasukan Air, Bagaimana Cara Tepat Mengeluarkannya?

Jangan pakai cotton bud untuk mengeringkan telinga yang kemasukan air.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Telinga kemasukan air (Ilustrasi). Hindari memakai cotton bud untuk mengeringkan telinga yang kemasukan air.
Foto:

Di sisi lain, sebagian besar waktu, air di telinga akan menguap secara alami. Tetapi, dalam beberapa kasus, itu dapat mengakibatkan infeksi yang menyakitkan. Infeksi itu disebut sebagai "telinga perenang" atau otitis eksterna.

Menurut NHS Inform, gejalanya meliputi sakit telinga, yang bisa parah, gatal di liang telinga, keluarnya cairan atau nanah dari telinga, beberapa tingkat gangguan pendengaran sementara atau pendengaran yang teredam. Sementara itu, Mayo Clinic menyebut rasa sakitnya bisa sangat intens, menjalar ke seluruh wajah, kepala dan leher, dan Anda mungkin juga mengalami demam.

Periksakan ke dokter jika Anda memiliki gejala tersebut. Namun, ada beberapa cara untuk mencegah diri Anda terkena infeksi itu.

"Jaga agar telinga tetap kering dan jika berenang di air yang berpotensi tinggi bakteri seperti danau, gunakan sediaan alkohol dengan cuka putih untuk membantu air mengering dengan lancar dan mencegah pertumbuhan bakteri. Ini murah, mudah, dan obat rumahan yang aman dan efektif," kata dr Bracamonte.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement