Kamis 03 Aug 2023 22:50 WIB

Telinga Kemasukan Air, Bagaimana Cara Tepat Mengeluarkannya?

Jangan pakai cotton bud untuk mengeringkan telinga yang kemasukan air.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Telinga kemasukan air (Ilustrasi). Hindari memakai cotton bud untuk mengeringkan telinga yang kemasukan air.
Foto: www.freepik.com
Telinga kemasukan air (Ilustrasi). Hindari memakai cotton bud untuk mengeringkan telinga yang kemasukan air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air yang masuk ke telinga di sela-sela berendam dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Memasukkan jari atau menggunakan cotton bud untuk mengeluarkan air dan mengeringkan telinga adalah opsi terburuk yang bisa Anda lakukan karena dapat memasukkan bakteri serta mendorong air lebih dalam ke telinga.

Padahal, yang Anda butuhkan hanyalah handuk serta alkohol bedah dan cuka putih. Alkohol bedah juga dikenal sebagai alkohol gosok.

Baca Juga

Dikutip dari The Sun, Kamis (3/8/2023), Anda perlu menggunakan handuk untuk mengeringkan area tersebut. Kemudian, taruh campuran alkohol bedah dan cuka putih di telinga Anda dengan komposisi satu banding satu.

Menurut dokter keluarga Jesse Bracamonte dari Mayo Clinic, Amerika Serikat (AS), campuran ini sebenarnya bisa membantu air menguap dan mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur. Sementara itu, dr Nicholas Deep yang merupakan spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, menjelaskan bahwa memasukkan campuran alkohol bedah dapat mengubah pH liang telinga hingga membantu dalam proses penguapan.

Namun, dr Deep memperingatkan metode ini harus dihindari jika ada risiko gendang telinga berlubang, infeksi saluran telinga, atau infeksi parah. Dia juga mengingatkan untuk tidak menggunakan cotton bud karena dapat merusak kulit sensitif saluran telinga Anda dan berpotensi menyebabkan infeksi.

Menurut Healthline, Anda juga dapat mencoba berbaring miring dengan kepala di handuk dan membiarkan gravitasi bekerja, menggoyangkan daun telinga Anda, atau membuat ruang hampa dengan tangan Anda untuk mengeluarkan air juga bisa dicoba. Selain itu, Anda dapat melakukan trik terakhir dengan memiringkan kepala Anda ke samping, dan menyandarkan telinga ke telapak tangan Anda yang ditangkupkan, menciptakan segel yang rapat.

Kemudian, dorong tangan Anda dengan lembut bolak-balik ke telinga Anda dengan gerakan cepat, ratakan saat Anda mendorong dan menangkupnya saat Anda menarik diri. Miringkan kepala Anda ke bawah untuk membiarkan air mengalir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement