Jumat 28 Jul 2023 04:00 WIB

Makanan Terbaik untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Perhatikan jenis makanan yang disantap agar kadar kolesterol tidak melonjak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Udang goreng tepung. Sekitar 140 gram udang mengandung 210 miligram kolesterol.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Udang goreng tepung. Sekitar 140 gram udang mengandung 210 miligram kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar kolesterol yang meningkat di atas usia 30-an dapat secara signifikan meningkatkan peluang terkena penyakit jantung. Karenanya, amat penting memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk menjaga kadar kolesterol tidak melonjak.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyebutkan sejumlah penyebab kolesterol tinggi. Beberapa di antara pemicu utamanya adalah konsumsi berlebihan makanan berlemak, kurang berolahraga, kelebihan berat badan, merokok, dan minum alkohol.

Baca Juga

Terlalu banyak kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah, membuat seseorang lebih mungkin mengalami penyakit jantung atau strok. Masalahnya, kolesterol tinggi tidak bergejala, dan hanya terdiagnosis jika sudah melakukan pemeriksaan darah.

photo
Tanda kolesterol tinggi dapat terlihat di kaki. - (Republika)

Belum lama ini, dalam sebuah podcast ZOE, dr Sarah Berry memperkenalkan konsep diet portofolio untuk mengendalikan kadar kolesterol. Berry menjelaskan, itu adalah eksperimen ilmu nutrisi utama yang menunjukkan kekuatan makanan dalam kaitannya dengan kesehatan.

"Apa yang harus Anda lakukan adalah mengganti makanan tertentu dalam diet Anda dengan makanan dan bahan lain yang telah terbukti menurunkan kolesterol, dan itu berpusat pada empat elemen kunci - protein kedelai, sterol tumbuhan, kacang, dan serat larut," kata Berry, seperti dikutip dari laman Daily Record, Kamis (27/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement