Kamis 13 Jul 2023 19:00 WIB

Kolesterol Tinggi, Mengapa Tanda Awalnya Terlihat di Mata?

Kolesterol tinggi umumnya tidak menimbulkan banyak gejala.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memperlihatkan matanya (ilustrasi). Munculnya lingkaran di sekitar bagian iris mata dapat mencerminkan kadar kolesterol tinggi.
Foto: www.freepik.com
Perempuan memperlihatkan matanya (ilustrasi). Munculnya lingkaran di sekitar bagian iris mata dapat mencerminkan kadar kolesterol tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar kolesterol yang tinggi bisa terlihat dari kondisi mata. Menurut pakar kesehatan mata, indikator awal itu bisa berupa tanda warna-warni yang muncul di kornea mata seseorang. Jika sudah terlihat tanda itu, segeralah memeriksa kadar kolesterol.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, mulai dari penyakit jantung hingga strok. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mengidentifikasi penyebabnya dan melakukan intervensi sebelum terlambat.

Baca Juga

Akibat gejala yang cukup samar, kolesterol dapat naik ke zona merah tanpa disadari. Ahli optik Sujata Paul yang merupakan pimpinan klinik layanan profesional Lenstore, menyarankan setiap orang lebih proaktif memeriksa kesehatan mata.

Sebab, ada potensi keterkaitan antara kondisi mata dan tingkat kolesterol. Suatu kondisi yang disebut arcus senilis dapat menarik perhatian karena terkait dengan kadar zat lemak tingkat tinggi. Arcus senilis menyebabkan munculnya cincin (lingkaran) biru, putih, atau abu-abu terang terbentuk di sekitar bagian luar mata.

"Jika Anda melihat cincin putih terbentuk di sekitar iris Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa kolesterol Anda berpotensi tinggi," ucap Paul, dikutip dari laman Express, Kamis (13/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement