Kamis 27 Jul 2023 17:00 WIB

Tembus PTN Tapi Jurusannya tak Sesuai Minat, Lebih Baik Lanjutkan atau Tinggalkan?

Sebagian anak ada yang berhasil masuk PTN, tapi merasa jurusannya tak sesuai.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Mahasiswa (Ilustrasi). Empat tahun bukan waktu yang singkat untuk menjalani perkuliahan di jurusan yang tidak diminati.
Foto:

Sementara itu, psikolog A Kasandra Putranto mengatakan sebaiknya anak kuliah di jurusan yang disesuaikan dengan minat bakat dan kemampuannya. Jika memaksakan diri di jurusan yang tidak disukai, maka dampaknya bisa bermacam-macam, tergantung profil psikologis anak tersebut.

Ketika anak ingin pindah jurusan

Ketika anak mogok di awal kuliah dengan alasan tak suka dengan jurusannya, sebaiknya cari dulu masalahnya. Apa benar memang tidak cocok ataukah anaknya kurang tangguh, tidak mau hadapi kesulitan, atau lainnya.

"Karena dengan mengubah jurusan, jika asal-asal maka tetap akan berhenti di tengah jalan," ujar pemerhati pendidikan Muhammad Amin kepada Republika.co.id, Selasa (25/7/2023).

Amin mengatakan penyebab anak mengatakan jurusan itu tidak cocok bisa bermacam-macam, sehingga perlu konseling dulu untuk menemukan apa masalah sebenarnya. Kalau sudah ketemu masalahnya, baru cari solusinya.

"Apakah anak tetap menjalani kuliah dijurusan yang sama atau baiknya pindah jurusan atau berhenti? Bisa salah satu dari itu," ungkapnya.

Amin menyebut, jika memang tidak sesuai dengan minat dan bakat anak, maka jelas solusinya pindah jurusan. Jadi, pindah jurusan bukan karena anaknya malas atau takut hadapi tantangan.

Bagaimana jika tidak punya pilihan lain? Jika anak terpaksa menjalani kuliah di jurusan yang tidak sesuai minat, sebaiknya orang tua dan ahlinya memberikan solusi, yaitu pendampingan agar anak bisa menghadapi tantangannya.

"Berikan tutor sebaya, sehingga mereka tidak merasa sendiri," ujar Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement