Selasa 25 Jul 2023 23:12 WIB

Synchronize Fest 2023 Hadirkan 167 Penampil, Ada Bimbo Hingga Soneta X Dipha Barus

Synchronize Fest 2023 akan digelar pada 1 hingga 3 September 2023.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Musisi Trio Bimbo, Sam (tengah), Acil (kiri), dan Jaka (kanan). Bimbo akan tampil di Synchronize Festival 2023.
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Musisi Trio Bimbo, Sam (tengah), Acil (kiri), dan Jaka (kanan). Bimbo akan tampil di Synchronize Festival 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengusung tema "Bhineka Tunggal Musik", Synchronize Fest 2023 menggandeng musisi dalam negeri dari beragam genre. Mereka akan memeriahkan acara yang akan digelar 1 hingga 3 September 2023 ini.

Digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, total ada 167 penampilan dengan line up yang cukup unik. Mulai dari musisi dangdut, edm, religi, hingga kolaborasi menarik seperti Soneta X Dipha Barus.

Baca Juga

"Ini sudah pernah ditampilkan di Synchronize Festival 2020 ‘Selebrasi Bersama Televisi’ waktu masa pandemi. Yes, betul (belum pernah offline)," kata Director of Communication Synchronize Fest, Aldila Karina, dalam konferensi pers di M Bloc Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Saat itu, idenya adalah pihaknya ingin menghadirkan suatu hal yang baru, lintas genre, dan lintas generasi. Lalu, keluar nama Soneta dan Dipha Barus. Pada 2020, mereka hanya membawakan satu lagu, dan untuk 2023 ini akan lebih banyak lagu dalam satu panggung.

 

"Di 2020, waktu itu kan Dipha yang nge-lead, sekarang Pak Haji yang nge-lead. Jadi Soneta full band on stage, kolaborasi sama Dipha," kata Director of Festival Synchronize Fest, David Karto, dalam kesempatan yang sama.

Yang menarik juga adalah penampilan musisi religi Opick serta Bimbo bersama Yanti Bersaudara. Dengan kiprah Bimbo selama 52 tahun di industri musik Indonesia serta menelurkan 200 lagu religi dan 600 lagu nonreligi, Bimbo menjadi penampil dengan usia paling tua sepanjang sejak didirikannya Synchronize Fest.

"Usia Om Sam itu sekarang 81 tahun, mungkin akan jadi performer paling tua di Synchronize Fest 2023 dan sepanjang Synchronize. Kenapa Bimbo? Selain legenda hidup, mereka juga masih aktif," ujar Director of Artistic Synchronize Fest, Saleh Husein.

Beberapa tahun terakhir, Bimbo identik dengan materi-materi spiritual Islaminya. Tapi sebenarnya Bimbo memulai karier dengan genre yang cukup variatif, mulai dari latin, folks, pop, disko, rock, pop sunda, tapi semua dengan gaya Bimbo. Tidak hanya musiknya yang luar biasa, lirik-lirik lagu Bimbo juga bernas semua, dan tidak banyak grup musik Indonesia seperti ini.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement