Senin 29 May 2023 16:12 WIB

Synchronize Fest 2023 Umumkan Lineup Spesial, Ada Bimbo Hingga Iwan Fals

Synchronize Fest akan digelar pada awal September bertema 'Bhinneka Tunggal Musik'.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Artwork ajang festival musik tahunan Synchronize Fest 2023.
Foto: Dok Synchronize Fest
Artwork ajang festival musik tahunan Synchronize Fest 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Synchronize Fest 2023 akan digelar pada 1, 2, dan 3 September 2023. Pesta musik tahunan itu telah mengumumkan 12 nama penampil spesial lewat situs resminya. Nama-nama musisi legendaris ada dalam daftar penampil spesial itu, termasuk grup musik Bimbo dan Iwan Fals.

Mengusung tema "Bhinneka Tunggal Musik", Synchronize Fest 2023 hendak menyalakan semangat kolaboratif lintas genre dan generasi dari pegiat musik dan seni visual di Indonesia. Karena itu, lineup spesial yang telah diumumkan rata-rata tampil secara berkolaborasi.

Baca Juga

Pada festival musik mendatang, Bimbo akan tampil bersama Yanti Bersaudara. Keduanya merupakan grup musik legendaria asal Bandung. Nama mereka belakangan kembali mencuri perhatian setelah lagu-lagunya dirilis dalam bentuk piringan hitam melalui label rekaman asal Jakarta, Lamunai Records.

Dua musisi sekaligus seniman Indonesia, Iwan Fals dan Sawung Jabo, juga menjadi salah satu kolaborasi yang wajib disaksikan di Synchronize Fest 2023. Kiprah bermusik keduanya begitu besar saat bersama-sama memperkuat grup superior SWAMI dan Kantata Takwa.

 

Selanjutnya, ada band rock legendaris Indonesia, God Bless, yang siap merayakan usianya yang ke-50 di panggung Synchronize Fest 2023. Band beranggotakan vokalis Achmad Albar, gitaris Ian Antono, bassist Donny Fatah, keyboardist Abadi Soesman, dan drummer Fajar Satritama itu rencananya akan tampil bersama deretan musisi lain. Sebut saja Kelompok Penerbang Roket, Isyana Sarasvati, Scaller, Iksan Skuter, Soegi Bornean, Barasuara, hingga Ardhito Pramono.

Penampilan spesial lainnya yakni Konser Petualangan Sherina (Jakarta Movin, Isyana Sarasvati, Yura Yunita & Reza Chandika). Lagu-lagu kenamaan dalam film Petualangan Sherina seperti "Bintang-bintang", "Jagoan", hingga "Kertarajasa" akan dinyanyikan.

Kolaborasi istimewa berikutnya yaitu Matajiwa x Matajiwo, mengombinasikan gaung rock Matajiwa dan pertunjukkan wayang yang didalangi oleh budayawan Sujiwo Tejo. Ada pula Melly Goeslaw Songbook (bersama Bukan Bintang Biasa, Irwansyah & Anda Perdana).

Republik Cinta Management (T.R.I.A.D, Mulan Jameela, Mahadewi) turut meramaikan panggung spesial Synchronize Fest 2023. Penampilan lainnya yaitu "Mesin Waktu 2.0: Teman-teman Menyanyikan Lagu Naif", yakni karya-karya band Naid yang akan dinyanyikan oleh Bilal Indrajaya, Chroma Strings, Endah N Rhesa, GAC, Kunto Aji, Nesia Ardi, Perunggu, Priscilla Jamail, Sentimental Moods, Sisitipsi, dan the Adams.

Suguhan lainnya yaitu "Selangkah ke Seberang: Dekade Fariz RM ‘79-‘89". Sesuai namanya, aksi panggung spesial musisi legendaris Fariz RM di Synchronize Fest 2023 akan menampilkan karya-karya yang ia rilis mulai dari 1979 hingga 1989, termasuk "Semusim" dan "Nada Kasih".

Soneta Group siap mengiringi sang raja, Rhoma Irama, kembali berkolaborasi dengan produser/DJ andalan Tanah Air, Dipha Barus, pada Synchronize Fest mendatang. Ada juga Symphony from Hell dari kolektif hip hop kebanggaan Yogyakarta, Hellhouse.

Penampilan empat orkes kenamaan ditambah satu tokoh dangdut yang bergabung dengan nama 4 Sehat 5 Nambah akan menghibur penonton Synchronize Fest 2023. Mereka adalah Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak, Orkes Moral Pengantar Minum Racun, Pemuda Harapan Bangsa, Orkes Nunung Cs, dan Jhonny Iskandar.

Pengumuman ini baru permulaan, sebab masih ada lebih dari 150 penampil lainnya yang akan diumumkan. Video pengumuman lineup spesial Synchronize Fest digambarkan dengan teknik grafiti, konsep stop motion dan time lapse yang digarap sutradara Nala Satmowi. Pembuatannya melibatkan belasan artisan seniman graffiti dari kolektif TMR dan Smize, serta dua seniman visual utama Synchronize Fest 2023, Sicovecas dan Mahdi Albart. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement