Rabu 29 Mar 2023 09:20 WIB

Dua Seniman Berbeda Karakter Garap Visual Ajang Musik Synchronize Fest 2023

Synchronize Fest akan diselenggarakan pada 1-3 September 2023

Artwork ajang festival musik tahunan Synchronize Fest 2023.
Foto: Dok Synchronize Fest
Artwork ajang festival musik tahunan Synchronize Fest 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Synchronize Fest 2023 menggandeng dua sosok seniman untuk menggarap aspek visual di festival musik tahunan mendatang. Mereka adalah Sicovecas dan Mahdi Albart yang karya-karyanya dikenal memiliki karakter berbeda satu sama lain.

Rencananya, Synchronize Fest tahun ini akan diselenggarakan pada 1-3 September 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Dikutip dari pernyataan resmi Synchronize Fest, tema utama yang hendak diusung dalam festival adalah "Bhinneka Tunggal Musik".

Baca Juga

Tema tersebut memiliki pemaknaan kolaboratif, yakni bahwa apapun jenis musik dan perbedaan latar belakang dan identitas, semuanya tergabung menjadi satu, atas nama musik. Interpretasinya dalam bahasa visual dilakukan oleh Sicovecas dan Mahdi Albart.

Sicovecas merupakan seniman asal Yogyakarta dengan pendekatan sustainability (keberlanjutan) dalam praktik berkeseniannya. Sebagai seniman mural dan grafitti, kota menjadi ruang bermainnya. Ciri khas karya Sicovecas, yakni pola abstrak yang mencerminkan gerak dan energi.

Itu semua diekspresikan melalui warna-warna tumpang tindih, juga dekonstruksi objek atau gambar. Keunikan yang menjadi bagian dalam praktik berkesenian Sicovecas itu mengajak audiens berpikir dengan perangkat rasa masing-masing. Karya Sicovecas terkesan sangat energik dan menyajikan bahasa visual sebagai hal autentik dan aktual.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement