Selasa 25 Jul 2023 08:34 WIB

Membanggakan, Lagu Jungkook BTS 'Seven' Nongkrong di No 1 Billboard Hot 100

Sejak dirilis, 'Seven' Jungkook menempati posisi atas berbagai tangga lagu di dunia.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Jungkook BTS. Lagu Seven milik Jungkook menempati nomor satu Billboard Hot 100.
Foto: BigHit Entertainment
Jungkook BTS. Lagu Seven milik Jungkook menempati nomor satu Billboard Hot 100.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu solo Jungkook BTS “Seven” ft Latto memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100. “Seven” mengungguli tembang "Try That in a Small Town" dari Jason Aldean yang debut di posisi nomor dua di Hot 100.

Dilansir laman Billboard pada Selasa (25/7/2023), Hot 100 memadukan grafik streaming di AS semua genre (audio resmi dan video resmi), pemutaran radio, dan data penjualan, metrik terbaru yang mencerminkan pembelian single fisik dan trek digital. Namun, penjualan single digital dari situs direct-to-consumer (D2C) dikecualikan dari perhitungan grafik.

Baca Juga

“Seven” adalah lagu ke-1.151 yang menduduki posisi nomor satu sejak Hot 100 dimulai pada Agustus 1958. “Seven menjadi lagu ke-68 yang memulai debutnya di Hot 100 pada posisi di nomor satu data streaming, pemutaran, dan penjualan "Seven" melonjak dengan 21,9 juta pendengar; 6,4 juta pemutaran, dan 153 ribu penjualan gabungan digital dan CD sejak perilisannya 14 Juli hingga 20 Juli 2023. Versi asli dan instrumental lagu dirilis 14 Juli, dan campuran “Summer" dan "Band" tiba pada 17 Juli. Versi asli lagu juga tersedia untuk dibeli dalam bentuk CD.

Sejak dirilis, lagu "Seven" milik Jungkook telah beberapa kali nangkring di chart lagu di dunia. "Seven" debut di posisi nomor dua di bagan Digital Song Sales dan posisi nomor empat di Streaming Songs. Sementara di bawah penghitungan Lagu Radio semua format, “Seven” debut di nomor 30 di Adult Pop Airplay dan posisi nomor 33 di Pop Airplay.

Jungkook menduduki Hot 100 di posisi nomor satu pertamanya atau top 10, mengikuti dua lagu yang masuk tangga lagu pada 2022, yaitu "Left and Right" dari Charlie Puth ft Jungkook mencapai nomor 22 (Juli) dan "Stay Alive" Jungkook yang menghabiskan seminggu di daftar di nomor 95 (Februari).

Ada dua anggota BTS yang menduduki Hot 100 di nomor satu yaitu Jungkook dan Jimin "Like Crazy" yang  memulai debutnya di nomor satu 1 pada April lalu. Rapper AS, Latto juga mendapatkan posisi nomor satu di Hot 100 pertamanya dengan lagu “Seven” itu. Latto pernah mencapai 10 besar dengan "Big Energy", yang naik ke posisi nomor tiga pada April 2022.

Penulis, produser Circkut, dan Andrew Watt memproduksi "Seven”. Mereka menulisnya bersama Jon Bellion, Latto, dan Theron Thomas. Circkut mengumpulkan 10 kali Hot 100 untuk posisi nomor satu sebagai produser dan penulis lagu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement