Senin 24 Jul 2023 22:54 WIB

Kesemutan di Tangan dan Kaki: Tanda Peringatan Dini Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat membahayakan kesehatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki kesemutan (ilustrasi). Kesemutan pada kaki dan tangan dapat menjadi pertanda kekurangan vitamin B12.
Foto: www.freepik.com.
Kaki kesemutan (ilustrasi). Kesemutan pada kaki dan tangan dapat menjadi pertanda kekurangan vitamin B12.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh bergantung pada vitamin dan nutrisi tertentu untuk memastikan organnya dapat berfungsi dengan kemampuan terbaiknya. Defisiensi zat gizi mikro pun dapat menjadi kondisi yang serius, mengakibatkan masalah kesehatan yang berkelanjutan.

Inilah yang terjadi pada vitamin B12, vitamin yang digunakan tubuh untuk membuat sel darah merah yang sehat. Dalam jangka panjang, kekurangan B12 bisa membahayakan dengan potensi efek samping yang bertahan lama, seperti kerusakan saraf, gagal jantung, dan bahkan kanker perut.

Baca Juga

Oleh karena itu, setiap tanda peringatan dari kondisi tersebut harus diselidiki sesegera mungkin. Dilansir laman Express, Senin (24/7/2023), Claire Lynch, ahli diet di Plant Based Health Professionals, mengungkapkan ada dua gejala yang harus diperhatikan.

"Dua tanda awal kekurangan B12 adalah kelelahan dan kesemutan di tangan atau kaki," katanya.

Lynch menjelaskan vitamin B12 mendukung fungsi saraf. Kekurangan vitamin B12 pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen yang mengakibatkan penurunan kognitif (demensia).

"Tanda awal kerusakan saraf terkait B12 bisa berupa kesemutan di tangan atau kaki," ujarnya.

Lebih rumit lagi, vitamin B12 juga membantu tubuh membersihkan homocysteine, yang merupakan produk sampingan dari metabolisme protein. Penelitian telah menunjukkan bahwa vegan yang tidak melengkapi dengan B12 memiliki kadar homosistein yang tinggi.

Menurut Lynchm defisiensi B12 atau kadar homosistein yang tinggi telah terbukti meningkatkan risiko gangguan kognitif, strok, dan kematian dini. Lynch juga memperingatkan bahwa kelelahan adalah tanda umum.

“Vitamin B12 sangat penting untuk produksi sel darah merah, agar sel darah merah membelah dan menjadi aktif," kata Lynch.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement