Senin 24 Jul 2023 23:07 WIB

Cara Cegah Kekurangan Vitamin B12

Makanan apa saja yang kaya akan vitamin B12?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Vitamin (ilustrasi). Secara alami, vitamin B12 ditemukan dalam makanan produk hewani termasuk daging, ikan, keju, telur, dan mentega.
Foto: www.piqsels.com
Vitamin (ilustrasi). Secara alami, vitamin B12 ditemukan dalam makanan produk hewani termasuk daging, ikan, keju, telur, dan mentega.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli diet di Plant Based Health Professionals, Claire Lynch, mengungkapkan kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan dua gejala awal, yaitu kelelahan dan kesemutan di tangan atau kaki. Lalu, bagaimana mencegah kekurangan vitamin ini?

Lynch menjelaskan vitamin B12 ditemukan dalam makanan produk hewani termasuk daging, ikan, keju, telur, dan mentega. Selain itu, vitamin B12 juga dapat ditemukan dalam ekstrak ragi seperti Marmite dan makanan yang diperkaya tertentu seperti sereal.

Baca Juga

Jika Anda vegetarian atau vegan, Lynch merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen. Sebab, orang dengan pola makan itu lebih berisiko mengalami defisiensi vitamin B12.

"Ada beberapa makanan sumber vitamin B12 dalam pola makan nabati, seperti susu nabati yang diperkaya, ragi nutrisi, dan makanan olahan lainnya seperti beberapa alternatif daging," kata Lynch, seperti dilansir laman Express, Senin (24/7/2023),

Hanya saja, sumber-sumber ini belum terbukti menyediakan vitamin B12 dalam jumlah yang cukup dan dapat diandalkan. Oleh karena itu, suplementasi sangat penting di segala usia jika menjalani pola makan nabati atau vegan.

"Tubuh kita bergantung pada vitamin dan nutrisi tertentu untuk memastikan mereka dapat berfungsi dengan kemampuan terbaiknya," ujar Lynch.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement