Ahad 23 Jul 2023 19:39 WIB

Suara Kicauan Burung Punya Efek Menakjubkan Bagi Kesehatan Mental

Mendengarkan kicauan burung berdampak amat positif terhadap kesehatan mental.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Burung kicau love bird berada di dalam sangkarnya. Mendengarkan kicauan burung di alam bebas maupun burung yang dipelihara disebut punya dampak amat positif terhadap kesehatan mental seseorang.
Foto:

Menurut penelitian, kicauan burung sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Berada di sekitar suara itu dapat membantu meringankan gejala yang dialami pengidap gangguan kesehatan mental.

Itu juga berlaku pada masalah kesehatan mental yang cukup serius seperti gangguan kecemasan, depresi, dan paranoia. Bagi orang yang sedang merasa cemas, tegang, atau stres, tidak ada salahnya pergi ke lahan hijau atau taman setempat untuk menyimak kicauan burung.

Menariknya, para ilmuwan belum bisa menjelaskan mengapa kicauan burung bisa bermanfaat bagi kesehatan mental dan amat menenangkan. Namun, para periset berharap penelitian lanjutan bisa mengungkap lebih lanjit terkait alasan ilmiahnya. Para peneliti pun yakin bahwa suara kicauan burung bisa menjadi bagian dari perawatan kesehatan mental di masa depan.

"Kunjungan ke habitat dengan tingkat kehidupan burung yang tinggi dapat menjadi bagian dari skema resep sosial, berperan dalam mencegah kesulitan kesehatan mental dan melengkapi intervensi yang lebih tradisional," ujar para peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement