Jumat 21 Jul 2023 23:17 WIB

Warna Cat Rumah Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental, Apa Warna Rumahmu?

Psikologi warna dapat diterapkan untuk membangun suasana rumah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Lida Puspaningtyas
Desain Interior Show Unit Brahmapuri Podomoro Park Bandung.
Foto: Istimewa
Desain Interior Show Unit Brahmapuri Podomoro Park Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan warna dalam desain interior bisa memengaruhi suasana hati orang yang beraktivitas di ruangan tersebut. Memahami konsekuensi psikologis dari pilihan warna tertentu membuat seseorang dapat merancang tempat yang tepat sesuai kebutuhan.

Pendiri dan CEO Designtales, Meghana Nimmagadda, meyakini nuansa yang ditimbulkan beragam warna berbeda dalam desain interior akan berpengaruh terhadap kesejahteraan mental. Karenanya, saat memilih warna untuk sebuah ruangan, penting untuk mempertimbangkan preferensi orang yang menggunakan ruangan tersebut.

Untuk menciptakan lingkungan yang benar-benar harmonis, skema warna harus mencerminkan tujuan, gaya hidup, dan fungsi sebuah ruang. Desainer interior menggunakan psikologi warna sebagai alat vital untuk membangkitkan perasaan dan meningkatkan suasana ruang.

"Biarkan pilihan warna Anda menginspirasi semangat, ketenangan, kreativitas, dan kesenangan untuk menjadikan rumah sebagai tempat tinggal yang inspiratif," ujar Nimmagadda. Berikut makna sejumlah warna yang dia bagikan, dikutip dari laman Hindustan Times, Jumat (21/7/2023).

 

1. Merah, menyalakan semangat

Memilih nuansa warna merah untuk desain interior diyakini ampuh untuk menyalakan semangat. Warna seperti merah dan oranye dapat membangkitkan gairah dan energi, sehingga bisa diterapkan untuk sebuah ruangan tempat berbagai aktivitas produktif.

 

2. Biru dan hijau, penuh ketenangan

Dengan warna biru yang damai dan hijau yang menenangkan, kamar tidur atau ruang personal akan terasa seperti suaka penuh ketenangan. Warna bernuansa dingin itu berdampak besar pada indra, mendorong ketenangan dan relaksasi sehingga seseorang dapat rileks.

 

3. Warna netral, anggun dan klasik

Keindahan klasik dari warna-warna netral seperti krem ​​dan abu-abu tak pernah lekang oleh waktu. Warna sederhana ini menawarkan kanvas yang fleksibel untuk ekspresi individu, bisa diselaraskan dengan banyak palet warna dan menghadirkan sentuhan elegan.

 

4. Kuning dan ungu, bebaskan sisi kreatif

Memilih warna kuning atau ungu untuk sebuah ruangan akan membantu membebaskan sisi kreatif para penghuni ruangan. Keduanya mendorong ekspresi pribadi, dapat berbaur dengan sejumlah skema warna, dan menambahkan kesan penuh energi.

 

5. Putih, kekuatan kemurnian

Manfaatkan kemampuan warna putih untuk memberikan kesan kemurnian dan kebersihan pada ruangan. Warna putih cocok untuk ruangan yang lebih kecil karena memberikan kesan terbuka dan memantulkan cahaya alami, membuat ruangan terasa terang dan luas.

Untuk menghindari kekosongan, lengkapi ruang warna putih dengan karya seni atau aksesori. Meskipun warna secara alami memiliki konotasi psikologis, reaksi emosional kita terhadapnya juga dapat dipengaruhi oleh selera dan latar belakang budaya kita sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement