Selasa 11 Jul 2023 00:31 WIB

Teknik Umum yang Dipakai Copet di Lokasi Wisata, Turis Perlu Tahu

Turis yang baru pulang dari Barcelona ingatkan modus pencopetan di lokasi wisata.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Wisatawan berjemur di pantai Barcelona, Spanyol. Barcelona terkenal sebagai destinasi wisata yang rawan pencopetan.
Foto:

Belum lama ini, polisi mengeluarkan peringatan bagi wisatawan, setelah sepasang pencuri meludahi orang untuk mengalihkan perhatian turis sebelum mencuri tas mereka.

"Saya meletakkan ponsel saya di meja luar kafe, sementara saya menyalakan rokok dan pelayan mengatakan kepada saya untuk tidak melakukan itu karena biasanya orang diam-diam mengantonginya," ujar warganet lain menambahkan di kolom komentar.

Pencopet mencari peluang untuk mencuri serta mungkin mengambil barang apa pun yang mereka lihat sedang tidak diawasi. Sebaiknya, simpan barang berharga di saku bagian dalam atau kenakan sabuk uang yang bisa digunakan untuk menyimpan uang.

Pencopet kemungkinan besar akan menyerang di tempat-tempat ramai, seperti stasiun angkutan umum atau tempat-tempat wisata. Turis yang menonton artis jalanan atau mengambil foto harus memastikan mereka masih membawa tasnya.

Barcelona memang memiliki reputasi sebagai kota wisata yang rawan pencopetan. Namun, sebuah studi belum lama ini menemukan bahwa Italia sebenarnya adalah hotspot teratas kasus pencopetan di Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement