Ahad 02 Jul 2023 13:03 WIB

Pramugara Bagikan Trik Simpel untuk Hindari Kecopetan Saat Berlibur

Waspada, kamar hotel juga bisa dimasuki maling.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Koleksi clutch Balenciaga versi kemasan keripik kentang Lays. Memasukkan barang berharga ke kemasan snack jadi trik hindari pencopetan di lokasi wisata.
Foto: Dok Lays
Koleksi clutch Balenciaga versi kemasan keripik kentang Lays. Memasukkan barang berharga ke kemasan snack jadi trik hindari pencopetan di lokasi wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wisatawan banyak yang meninggalkan barang berharga di kamar hotel saat pergi berlibur. Pakar perjalanan mengingatkan ini adalah sesuatu yang harus dihindari oleh turis saat mengunjungi negara asing.

Pakar perjalanan di Hotel & Discounts menjelaskan kebanyakan orang berpikir meninggalkan uang dan perhiasan mereka di laci karena mereka pikir tempat itu aman. Padahal, itu adalah salah satu tempat paling tidak aman di kamar hotel.

Baca Juga

Sebaliknya, ahli menyarankan agar tamu hotel mencari tempat yang tidak biasa, seperti "pegangan sisir rambut". Selanjutnya, platform perjalanan Skyscanner menyarankan untuk menyembunyikan barang berharga di botol kosong, wadah losion berjemur yang kosong, dan wadah lip balm yang kosong.

Mereka menjelaskan bahwa untuk menghindari skenario terburuk dirampok, yang terbaik adalah tidak terlihat mencolok. Mereka menyarankan untuk tidak memamerkan uang tunai atau perhiasan mahal.

"Jika Anda khawatir tentang barang berharga di kamar hotel Anda, sembunyikan di wadah losion berjemur yang kosong," ujar platform Skyscanner, dikutip dari Express, Ahad (2/7/2023).

Wadah lip balm kosong, seperti yang sudah disebutkan di atas, bisa digunakan untuk menyembunyikan uang kertas yang digulung. "Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan asuransi perjalanan," kata Skyscanner.

Sementara itu, pramugara Miguel Munoz setuju dan mengatakan menggunakan perlengkapan mandi gratis di kamar hotel adalah salah satu pilihan terbaik. Awak kabin itu menjelaskan dia selalu menggunakan barang-barang umum di sekitar ruangan untuk menyembunyikan uang dan benda berharga lainnya, seperti "kantong keripik atau kertas timah kosong".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement