Selasa 11 Jul 2023 00:31 WIB

Teknik Umum yang Dipakai Copet di Lokasi Wisata, Turis Perlu Tahu

Turis yang baru pulang dari Barcelona ingatkan modus pencopetan di lokasi wisata.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Wisatawan berjemur di pantai Barcelona, Spanyol. Barcelona terkenal sebagai destinasi wisata yang rawan pencopetan.
Foto: EPA-EFE/Enric Fontcuberta
Wisatawan berjemur di pantai Barcelona, Spanyol. Barcelona terkenal sebagai destinasi wisata yang rawan pencopetan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uang atau barang berharga milik turis sering menjadi sasaran pencopet. Hal itu membuat seorang turis bertanya kepada sesama pelancong di Reddit tentang seberapa buruk aksi pencopetan di Barcelona, Spanyol, berikut cara untuk menghindarinya.

Salah satu warganet mengatakan, dia telah tinggal di Barcelona selama bertahun-tahun. Orang ini berbagi peringatan tentang teknik yang umum digunakan oleh pencopet.

Baca Juga

"Saya tahu pencopet terkadang menggunakan suara keras sebagai distraksi untuk menarik perhatian Anda ke tempat lain," kata pengguna Reddit dengan akun av_1212, dilansir Express, Senin (10/7/2023).

Pengguna Reddit tersebut menceritakan bagaimana dompet temannya dicuri saat berada di tepi pantai. Saat itu, seseorang menjatuhkan gelas di sebelah temannya, sehingga temannya tidak memperhatikan tasnya selama sekitar 10 detik.

Dalam waktu sesingkat itu, tas temannya telah berpindah tangan Orang dapat menggunakan berbagai teknik untuk mencuri barang wisatawan, termasuk menargetkan mereka saat perhatian mereka terganggu.

Seorang turis mungkin saja sudah merasa mengawasi tasnya dengan ketat. Akan tetapi, pencopet masih dapat membuat gangguan, sehingga turis yang menjadi target mengalihkan pandangan dari barang bawaannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement