Senin 10 Jul 2023 11:15 WIB

Dokter Beri Tahu Makanan Terbaik untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi menunjukkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Sayuran hijau (Ilustrasi). Dokter merekomendasikan beberapa makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya sayuran hijau.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sayuran hijau (Ilustrasi). Dokter merekomendasikan beberapa makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya sayuran hijau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan beberapa risiko masalah kesehatan yang serius. Salah satu faktor yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap tekanan darah adalah pola makan.

Tekanan darah tinggi menunjukkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini akan memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah dan organ lain.

Baca Juga

Seiring waktu, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan terjadinya masalah kedaruratan medis seperti serangan jantung dan strok. Pola makan merupakan salah satu faktor yang memberikan pengaruh besar terhadap tekanan darah.

Berkaitan dengan hal ini, Dr Johannes Uys dari Broadgate General Practice memberikan lima rekomendasi makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Berikut ini adalah kelima rekomendasi tersebut, seperti dilansir Express pada Ahad (9/7).

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale sangat direkomendasikan karena kaya akan kalium. Dr Uys mengungkapkan bahwa kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menetralkan efek sodium. Seperti diketahui, sodium dapat membuat tubuh menahan air sehingga bisa memicu peningkatan tekanan darah.

2. Buah beri

Beragam jenis buah beri seperti bluberi dan stroberi, dikenal kaya akan flavonoid. Menurut beragam studi, konsumsi flavonoid berkaitan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi.

3. Oat

Konsumsi oat direkomendasikan karena memiliki kandungan serat larut. Dr Uys menyatakan, kandungan serat larut ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menekan kadar kolesterol.

4. Kacang-kacangan dan bebijian

Kedua jenis makanan ini dikenal sebagai sumber magnesium dan lemak sehat yang baik. Magnesium dan lemak sehat diketahui berkaitan dengan penurunan tekanan darah.

5. Dark chocolate

Dark chocolate dengan persentase yang tinggi, yaitu 70 persen atau lebih, bisa memberikan efek positif terhadap penurunan tekanan darah. Efek ini bisa muncul karena dark chocolate memiliki kandungan flavonoid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement