Senin 19 Jun 2023 21:30 WIB

Jangan Diabaikan, 5 Gejala Ini Merupakan Tanda Peringatan Artritis

Anak muda juga bisa mengalami artritis.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri lutut (ilustrasi). Radang sendi alias artritis dapat memengaruhi kualitas hidup dan bisa menyerang siapapun, termasuk anak muda.
Foto:

4. Perubahan bentuk sendi

Kelainan bentuk atau ketidaksejajaran yang terlihat dapat muncul pada kasus-kasus ekstrem dari masalah sendi. Peradangan jangka panjang dan kerusakan pada jaringan di sekitarnya dapat mengubah anatomi sendi.

Itu dapat mengakibatkan kelainan bentuk. Sendi jari bisa menonjol atau jari-jari kaki jadi tidak mengarah ke arah yang benar.

"Sangatlah penting untuk mengenali perubahan pada penampilan sendi sehingga kerusakan dapat dihentikan sebelum menjadi lebih parah," jelas Agarwal.

5. Ketidaknyamanan di pagi hari

Banyak orang yang memiliki masalah sendi terbangun dengan rasa kaku dan sakit. Adanya kekakuan yang berlangsung lebih dari 30 menit di pagi hari atau selama periode tidak aktif yang lama dapat mengindikasikan adanya masalah sendi.

Agarwal mengatakan bahwa mengompres dengan kompres panas atau dingin, melakukan latihan peregangan yang pelan, dan mempertimbangkan suplemen alami dapat berkontribusi pada kesehatan sendi.

"Ingatlah, sendi yang sehat adalah fondasi untuk kehidupan yang memuaskan dan bersemangat," kata Agarwal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement