Selasa 26 Sep 2023 20:11 WIB

Kurangi Gejala Radang Sendi, Pakar Sarankan Konsumsi Lima Rempah Ini

Pengaturan pola makan penting bagi pengidap radang sendi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Jahe
Foto: pixabay
Jahe

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengaturan pola makan dan mencermati apa yang dikonsumsi sangat penting bagi pengidap radang sendi atau artritis. Meskipun umum terjadi pada orang lanjut usia, radang sendi juga dapat menyerang orang dewasa muda, bahkan anak-anak.

Menyantap makanan tertentu dapat mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit. Berikut lima rempah yang bisa ditambahkan ke dalam makanan untuk membantu mengurangi gejala radang sendi, dikutip dari laman Cambridge News, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga

1. Bawang putih

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai rempah yang menyedapkan rasa makanan. Selain itu, bawang putih mengandung diallyl disulfide yang merupakan senyawa antiinflamasi untuk mengempaskan peradangan. Pilih bawang putih segar untuk hasil lebih maksimal.

2. Kunyit

Kurkumin adalah bahan kimia penting dalam akar kunyit untuk membantu meredakan gejala radang sendi, karena menghambat sitokin dan enzim tertentu. Kunyit bekerja paling baik dan efektif jika disantap bersama lada hitam yang membantu tubuh menyerapnya.

3. Jahe

Gingerol dan shagaol ditemukan dalam jahe. Keduanya berguna untuk menghentikan peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe juga membantu menghentikan perkembangan osteoartritis. Selain untuk bumbu masakan, jahe bisa dikonsumsi dengan meminumnya sebagai teh.

4. Kayu manis

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde dan cinnamic acid yang memiliki sifat antioksidan dan membantu menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Kayu manis sebaiknya dikonsumsi bersama makanan lain untuk menambah efek antiinflamasi karena jika dikonsumsi sendiri mungkin tidak memberikan banyak efek terapeutik.

5. Cabai rawit

Cabai rawit terbukti mengandung senyawa yang disebut capsaicinoid, yang memiliki sifat antiinflamasi. Itu sebabnya rempah ini juga sangat pas dikonsumsi oleh pengidap radang sendi. Namun, jika ingin menyantapnya langsung, sebaiknya tidak terlalu banyak.

Juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics, Kim Larson, mengatakan rempah-rempah punya kekuatan hebat sebagai anti-inflamasi. "Semakin banyak makanan antiinflamasi dan rempah-rempah yang Anda konsumsi, semakin besar pula peradangan kronis yang dapat Anda hilangkan," ucap Larson.

photo
Infografis Empat Jenis Obat dalam Alquran - (Republika.co.id)

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement